Auto Mewek, Berikut 7 Rekomendasi Anime Sedih untuk Kamu

Menma dari anime Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai (Image Credit : Aniplex)
Menma dari anime Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai (Image Credit : Aniplex)

BALUARTI.COM - Ketika kamu mulai penat dengan rutinitas sehari-hari, kamu bisa melepas penat dengan hiburan. Salah satu yang mudah dilakukan adalah dengan menonton, baik serial televisi, film, atau anime. Kamu bisa memilih berbagai genre dan jalan cerita yang beragam, seperti romansa, komedi, misteri, dan kesedihan.

Anime dengan genre sedih-sedih bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk kamu tonton, karena bisa membantumu melepaskan emosi yang bikin kamu mewek.

Jadi, siapkan tisu, karena berikut rekomendasi anime sedih yang sudah sudah kami siapkan

1. Hotaru no Haka (Graves of the Fireflies)

Anime yang berlatar belakang ketika jepang baru menyerah pada perang dunia ke II. Sepasang kakak beradik bernama Seita dan Setsuko yang menjadi korban bom atom yang di jatuhkan Amerika di Hiroshima dan Nagasaki.

Sementara itu, ayahnya bekerja sebagai angkatan laut, sehingga mereka harus tinggal dengan bibinya yang galak.

Merasa tidak betah, mereka memutuskan untuk hidup sendiri di dalam sebuah gua. Disaat itulah, kehidupan tragis mereka dimulai.

Perjuangan hidup mereka selama masa perang ini benar-benar akan membuat kamu berlinang air mata. Dan di akhir cerita, kamu akan paham arti kunang-kunang dalam judul anime ini.

2. Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai (Anohana: The Flower We Saw That Day)

Terlepas dengan anime yang memiliki judul panjang,  anime memiliki cerita yang bisa membekas dihatimu karena jalan cerita setiap episodenya bikin kamu tidak bisa menahan air mata. Judul anime ini biasa disingkat menjadi Anohana.

Anohana Bercerita tentang enam persahabatan yang terpisah setelah kematian salah seorang dari mereka yaitu Menma.

Kelima orang tersisa menyalahkan dirinya masing-masing, hingga memenuhi pikiran mereka. Mereka semua berusaha untuk menjalankan rutinitas mereka hari demi hari untuk menghilangkan rasa bersalah mereka, hingga salah salah seorang dari mereka dihampiri oleh roh Menma yang menghantui.

3. Koe no Katachi (A Silent Voice)

Anime yang memiliki tema tentang bullying. Jika kamu merasa sering mem-bully teman kelas kamu karena kekurangan, kamu wajib menonton ini.

Anime yang bercerita tentang seorang gadis tuli dan bisu bernama Shoko Nisimiya  yang baru pindah ke sekolah dasar. Di sekolah barunya, Shoko sering di-bully oleh Shoya Ishida dan juga teman-teman sekelasnya karena keterbatasan yang dimiliki Shoko.

Namun suatu hari, Shoya juga ikut menjadi bahan bullyan teman sekelasnya. Karena hal itu, Shoya menjadi trauma dan tidak bisa mengenali wajah teman-temannya. Ketika masuk SMA, Shoya bertemu lagi dengan Shoko. Ia berusaha untuk mendapatkan pengampunan darinya.

4. Maquia: When The Promise Flower Blooms

Anime ini banyak diremehkan oleh beberapa orang, tetapi Maquia: When The Promised Flower Blooms dengan tema yang tidak biasa yaitu cinta seorang ibu selama bertahun-tahun.

Ceritanya tentang Maquia, anggota ras abadi yang disebut Iorph yang merupakan makhluk mistis yang hidup terpisah dari manusia.

Ketika desa Iorph diserang oleh tetangga mereka, banyak Iroph yang terbunuh dan Maquia terjebak dalam kekacauan.

Maquia berhasil melarikan diri dari kehancuran perang, tetapi tanpa rumah atau orang, dia menjadi pengembara di hutan yang gelap. Kemudian dia menemukan Erial, seorang bayi laki-laki fana yang telah kehilangan orang tuanya, dan menjadi walinya

Ceritanya mengikuti hubungan yang berkembang di antara keduanya saat Erial tumbuh dewasa sementara Maquia tidak.

5. Clannad

Clannad merupakan anime hasil besutan Kyoto Animation pada fall 2007 lalu, anime clannad sendiri bersumber dari visual novel. Sampai saat ini clannad telah mempunyai dua anime versi TV, satu Movie dan beberapa Episode Spesial yang berbentuk OVA.

#Clannad

Dalam season pertamanya ini, ceritanya cukup ringan dan memiliki cerita komedi untuk membuat kita terhibur, kecuali beberapa episode diakhir season.

Anime Clannad berkisah tentang seorang siswa SMA bernama Okazaki Tomoya. Ia terkenal sebagai siswa paling nakal dan memiliki kehidupan yang buruk. Akibat belum tahu apa arti kehidupan yang sebenarnya, ia merasa masa mudanya di sekolah tidaklah penting. Pada akhirnya ia melalui kehidupan SMA dengan penuh kejenuhan dan tanpa kesan.

Cerita berubah ketika Ia bertemu dengan seorang gadis yang bernama Furukawa Nagisa, seorang gadis yang kurang percaraya diri karena harus mengulang pelajarannya ditahun yang sama dengan Okazaki karena pada tahun sebelumnya ia terkena demam misterius.

Setelah itu Okazaki mulai melihat mimpi aneh, dimana Ia melihat seorang gadis yang membuat sebuah boneka dari barang-barang yang Ia kumpulkan.

Season pertama ini memiliki 23 episode dan memiliki cerita alternatif yang muncul dari serial utamanya, yaitu:

  1. Clannad Movie
  2. Clannad: Mou Hitotsu no Sekai, Tomoyo-hen

#Clannad: After Story

"Clannad: After Story" merupakan seri lanjutan dari Clannad yang secara garis besar bercerita mengenai kelanjutan kisah Clannad itu sendiri.

Dalam anime ini dikisahkan bagaimana Okazaki Tomoya dan Furukawa Nagisa yang sebelumnya sudah berpacaran akan menjadi sepasang suami istri.

Tomoya dan Nagisa harus melalui banyak rintangan dalam hidup, terutama pada bagian yang menceritakan kisah hidup Tomoya bersama anaknya, Ushio.

Seperti season sebelumnya, anime ini memiliki cerita alternatif, yaiut:

  1. Clannad: After Story - Mou Hitotsu no Sekai, Kyou-hen

Anime romantis yang menceritakan kisah cinta dan keluarga bisa dirasakan di sini. Anime ini bukan hanya sekedar sedih saja, banyak yang bisa diambil pelajaran seperti mengajarkan arti kehidupan, pengembangan karakter, plot cerita yang unik, dan hubungan Okazaki dan Nagisa yang realistis.

6. Shigatsu Wa Kimi no Uso (Your Lie in April)

Anime dengan menggambarkan persahabatan dan cinta melalui musik ini menjadi salah satu anime sedih yang populer.

"Your Lie in April" bercerita tentang seorang remaja bernama Arima Kousei yang trauma memainkan alat musik, terutama piano, karena kematian ibunya.

Kemudian, dia bertemu Miyazono Kaori, seorang gadis pemain biola, yang berusaha membuat Kousei kembali bermain musik.

Kousei jelas menolak ajakan ini karena dia sudah tidak mau lagi bermain musik. Berbagai cara pun dilakukan Kaori untuk mengajak Kousei. Sayangnya, Kaori Miyazono juga harus berjuang melawan penyakitnya.

Ditambah lagi lagu-lagu yang menjadi soundtrack dari anime ini yang semakin menambah sisi emosional penonton ketika menontonnya.

7. Angel Beats!

Anime ini bergenre aksi, drama dan fantasi yang berlatar belakang sekolah. Setiap episode juga diselingi dengan adegan kocak dan lucu yang membuat kita tidak bisa menghentikan tawa. Hanya saja, di beberapa episode kamu harus siap-siap untuk menyiapkan banyak tisu ya.

Angel Beats! dimulai dengan seorang anak laki-laki bernama Otonosahi yang bangun dan menyadari dia sudah mati. Saat bangun, seorang gadis pembawa senapan bernama Yuri menjelaskan bahwa dia telah tiba di alam baka dan Yuri memberitahu bahwa dia adalah ketua dari Shinda Sekai Sensen (Rebels Against God) dan berperang melawan Tenshi (Malaikat) bernama Kanade. Akan tetapi karena Otonashi tidak percaya pengakuan Yuri Jika Tenshi itu jahat, ia mencoba untuk berbicara dengannya akan tetapi apa yang dia fikirkan tak berjalan di kenyataan.

Saat Shinda Sekai Sensen menjalankan berbagai misi melawan Tenshi , Otonashi mempertanyakan tindakan mereka. Akhirnya, misteri dari sekolah dunia itu terungkap dan Otonashi mulai bekerja dengan Tenshi untuk menyadari tujuan dari dunia ini.


Nah, itulah rekomendasi anime dengan cerita sedih yang sudah Baluarti pilihkan untuk kamu. Kalau kamu penasaran mau menonton anime sedih di atas, kamu harus siapin tisu yang banyak.

Atau kamu punya rekomendasi anime sedih lain yang tak kalah bagusnya dan layak masuk dalam daftar ini? Silahkan tuliskan pendapatmu di sosial media Baluarti, biar kita semua bisa sedih bareng di malam yang dingin ini.

TAG

AnimeFilm AnimasiFilm