Berbeda Dengan Steam, Epic Games Justru Dukung Game Dengan NFT

Epic Games Store di Microsoft Store (Image Credit : Microsoft)
Epic Games Store di Microsoft Store (Image Credit : Microsoft)

BALUARTI.COM - Valve belum lama ini telah membuat regulasi baru yang dimana mereka melarang semua jenis teknologi blockchain di platform mereka. Hal ini membuat game yang menggunakan unsur crypto maupun Non-Fungible Tokens (NFT) tidak akan dirilis di Steam.

Dengan begitu, SpacePirate Games yang menjadi salah satu developer yang manfaatkan blockchain dan bisnis NFT tidak akan ada di Steam terkait regulasi baru yang digulir oleh Valve tersebut.

NFT secara singkatnya merupakan teknologi berbasis blockchain yang dimanfaatkan sebagai bukti kepemilikian sebuah aset digital, mulai dari foto, video, audio, maupun karakter atau item dari sebuah game.

Pada game yang dibuat oleh SpacePirate Games yakni Age of Rust, game tersebut memanfaatkan platform Enjin dan pemain harus memiliki wallet Enjin untuk bisa membeli atau mendapatkan bayaran. Item yang didapatkan dari bermain dapat dijual-beli melalui platform wallet yang telah disebutkan tadi, dengan begitu maka sistemnya di luar dari Steam Market.

Merespon regulasi baru dari Valve tersebut, pesaing Steam yakni Epic Games justru melakukan hal sebaliknya, mereka mengumumkan jika platform store mereka akan menyambut hangat teknologi blockchain dan juga NFT untuk masuk dalam katalog mereka.

Melansir The Verge, Epic Games menjelaskan bahwa mungkin akan ada limitasi akun, tetapi secara keseluruhan mereka masih memperbolehkan teknologi blockchain, NFT, dan cryptocurrency dari sebuah game untuk muncul ke store-front mereka.

Tim Sweeney selaku CEO Epic Games semakin memperkuat pernyataan tersebut. Ia menulis sebuah cuitan di Twitter yang dimana menekankan dukungannya terhadap blockchain selama mengikuti hukum, rating usia, dan sesuai dengan aturan yang mereka tentukan.

Di satu sisi, Epic Games mendukung mereka yang memanfaatkan teknologi blockchain dan NFT pada game-nya, tetapi di sisi lain pernyataan dari Epic Games tersebut juga menuai beragam kritik dari netizen.

Banyak mengatakan jika dukungan dari developer Fortnite itu bertolak belakang dengan cuitan lama Sweeney yang dimana ia mengatakan bahwa dirinya tidak ingin Epic Games ada hubungannya dengan NFT karena terkait dengan maraknya penipuan yang serimg  muncul dari sistem bisnis tersebut.

Apapun keputusan dari kedua platform tersebut, NFT memang tampaknya terus bertambah populer seiring dengan berjalannya waktu.

TAG

SteamEpic Games Store