Cheater Minecraft Diserang Ransomware

Minecraft (Image Credit : dailysocial)
Minecraft (Image Credit : dailysocial)

BALUARTI.COM - Menurut sebuah pakar keamanan siber Fortinet, para cheater Minecraft di Jepang saat ini sedang mendapatkan karmanya, para cheater tersebut diketahui saat ini tengah ditarget oleh sebuah Ransomware yang disamarkan sebagai daftar akun Minecraft yang tercuri atau hilang.

Daftar akun tersebut tentunya sangat menarik untuk mereka (para cheater) yang tidak ingin akun utamanya terkena banned karena menggunakan cheat, grief, maupun kegiatan buruk lainnya di game Minecraft. Alih-alih mendapatkan akun, pengguna tesebut justru malah mendapatkan ransomware yang bisa merusak data di dalam komputer mereka. Tidak diketahui seberapa banyaj pemain Minecraft di Jepang yang sudah terkena target ransomware tersebut, namun Fortinet telah memberikan detail terkait kerusakan yang diberikan oleh ransomware tersebut.


Menurut Fortinet, Ransomware tersebut akan memberikan kerusakan sementara kepada data yang lebih kecil dari 2 MB, setidaknya hingga si korban membayar 2000 yen atau sekitar Rp. 250.000,- untuk menyelamatkan data tersebut. Namun, bukan berarti setelah membayar si korban akan mendapatkan datanya sepenuhnya, karena ternyata terdapat beberapa data yang lebih besar dari 2 MB dengan beragam ekstensi yang  secara permanen di hapus oleh Ransomware. Tak hanya itu saja, Ransomware juga akan menghapus semua backup dari data secara permanen sehingga tidak bisa mengembalikan data yang telah terhapu tersebuts.

Ransomware akan meminta pembayaran melalui beragam hal, mulai dari kartu berbayar untuk berbelanja online, game, musik, ponsel pintar, dan masih banyak lagi. Kerennya lagi, menurut Fortinet catatan yang di posting mengatakan bahwa si pembuat Ransomware tersebut hanya tersedia pada hari Sabtu saja, dan meminta maaf atas ketidaknyamanan yang di sebabkannya.

Sebagai informasi, Ransomware tersebut merupakan varian baru dari Chaos Ransomware yang telah beredar sejak bulan Juni lalu. Beberapa varian dari Chaos Ransomware memang diketahui telah menginfeksi hard-drives dan menghapus  fungsi dari Windows Recovery mode secara keseluruhan.

TAG

MicrosoftMinecraftRansomware