Epic Games Akan Matikan Server Fortnite Versi China, Kenapa?

Poster Fortnite (Image Credit : Gambar oleh WAQAR AHMAD dari Pixabay)
Poster Fortnite (Image Credit : Gambar oleh WAQAR AHMAD dari Pixabay)

BALUARTI.COM – Saat ini, Fortnite menjadi salah satu game paling populer di dunia sejak kehadirannya yang dirilis pada empat tahun yang lalu, terlepas dari fakta bahwa game tersebut tidak mendapat dukungan penuh dari salah satu game dengan populasi terpadat di dunia, yakni China. Kurangnya dukungan dan popularitas Fortnite di Negeri Tirai Bambu itu dikarenakan perbedaan yang sangat signifikan dibandingkan dengan Fortnite versi negara lainnya.

Alhasil, Epic Games selaku developer tidak bisa memonetisasi Fortnite dengan cara yang sama seperti negara lain karena kebijakan tertentu di negara China. Kini, game battle-royale itu akan segera tutup usia pada tanggal 15 November 2021 mendatang, server Fortnite versi Cina akan resmi dimatikan oleh Epic Games. Sebelumnya, Epic Games juga sudah menutup pendaftaran akun baru untuk Fortnite versi China pada tanggal 1 November 2021.

Fortnite sendiri merupakan game yang bisa dimainkan secara gratis alias f2p dan mendapat pemasukan via microtransaction yang dimana itu dilarang oleh pemerintah China. Selain fakta bahwa microtransaction tidak diperbolehkan disana, beberapa skin juga mendapatkan sensor yang membuat skin Fortnite versi Cina tampak berbeda dibandingkan dengan versi negara lain.

Fortnite pertama kali mendapat “penolakan” di China ketika game tersebut sepenuhnya dilarang pada tahun 2018. Alasannya tetap sama, ayaitu Fortnite bertentangan dengan undang-undang sensor yang berlaku di China. Tidak hanya itu saja, ketika akhirnya diperbolehkan Fortnite versi Cina juga dibuat berbeda, terutama pada aspek pemenang. Contohnya ketika pemain bisa bertahan selama lebih dari 20 menit, maka mereka akan dinobatkan sebagai pemenang. Alhasil, esensi “last-man standing” yang menjadi nilai jual utama game Fortnite ini seakan sia-sia karena bisa ada lebih dari satu pemain atau tim yang menjadi pemenang di tiap match.

TAG

Epic Games StoreFortnite