Lawan Nintendo, Situs Web Ini Rugi 2,1 Juta Dollar Terkait Hak Cipta

Pac-man 99 (Image Credit : Nintendo.com)
Pac-man 99 (Image Credit : Nintendo.com)

BALUARTI.COM- Nintendo memenangkan gugatan atas pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh situs portal unduhan game yakni RomUniverse.

Situs tersebutdilaporkan telah melakukanpelanggaran hak cipta secara besar-besaran terhadap sejumlah judul game Nintendo.

Diketahui, gugatan itu dilayangkan Nintendo pada September 2019 lalu, Nintendo berhak mendapatkan ganti rugi sebesar 2,1 juta Dollar AS atau sekitar Rp.30 miliar, dari gugatan awal Rp.213 miliar.

Dikutip dari Nintendolife, Rabu 2 Juni 2021, operator situs RomUniverse, Matthew Storman membela diri sendiri di pengadilan dan berpendapat jika situs tersebut tidak melanggar hukum apa puntermasuk gugatan yang dilayangkan Nintendo.

Ia mengatakan tidak pernah mengunggah konten apa pun yang berkaitan meski pernah mengakui hal tersebut sebelumnya.

RomUniverse akhirnya dinonaktifkan sejak minggu lalu dan Hakim Pengadilan Distrik AS, Consuelo Marshall, memerintahkan Matthew Storman untuk membayar Nintendo sebesar Rp.30 miliar sebagai ganti rugi yang dialami oleh Nintendo.

Mengingatpelanggaran tersebutdisengaja, pengadilan memutuskan kepada pihak tergugat untuk melakukan ganti rugi sebesar $35.000 US  untuk setiap hak cipta yang dilanggar oleh tergugat” kata hakim.

Hakim Consuelo Marshell memutuskan untuk tidak memberikan Storman perintah permanen, karena Nintendo sendiri tidak dapat membuktikan bahwa hal tersebut telah membuat ‘kerusakan yang tidak dapat diperbaiki’.

TAG

GamesNintendo