Main Game PS1 Di Xbox Series X, Emang Bisa? Begini Caranya!

DuckStation Emulator (Image Credit : github.com/stenzek/duckstation)
DuckStation Emulator (Image Credit : github.com/stenzek/duckstation)

BALUARTI.COM - Sebuah akun Youtube channel bernama Modern Vintage Gamer baru saja mengungkapkan fakta menarik terkait game konsol. Uniknya, beberapa game yang ada pada PlayStation bisa dimainkan juga di konsol Xbox Series X.

Namun, hal ini tidak menjawab harapan penggemar untuk bisa memainkan game PS5 di konsol Xbox. Karena ini lebih mengarah ke game klasik yang ada pada PlayStation 1.

Melalui emulator bernama DuckStation, memungkinkan pemain dapat meningkatkan framerate game PS1 yang diimplementasikan pada Xbox Series X. Emulator tersebut mampu meningkatkan resolusi pada game hingga 16 kali dari versi aslinya.

DuckStation sendiri bahkan bisa menjalankan resolusi hingga 4K 60fps. Hal ini telah dicoba oleh sang Youtuber dan terlihat game yang dimainkannya berjalan dengan sangat baik.

Dalam video berdurasi 10 menit tersebut, menampilkan sejumlah game klasik yang berjalan menggunakan emulator DUckStation, mulai dari game Final Fantasy 7 hingga Ridge Racer dengan kualitas grafis yang lebih baik dibandingkan dengan versi aslinya.

Emulator ini tersedia untuk semua jenis konsol Xbox, seperti Xbox Series X, S maupun Xbox One. Meskipun begitu, gamer juga diharuskan mengaktifkan mode developer supayabisa menggunakan emulator tersebut, dan mungkin hal ini membuat sejumlah player tidak nyaman.

Sebenarnya, para penggemar sudah lama memperdebatkan pelestarian game klasik di beberapa tahun terakhir. Karena adanya pergesaran pasar digital, hal ini menimbulkan pertanyaan besar mengenai bagaimana cara mencadangkan beberapa permainan tersebut jika toko digital nantinya dimatikan atau sudah tidak tersedia lagi.

Sebagai contoh, penutupan pada sejumlah toko PSP, PS3 dan PS Vita yang sempat terjadi beberapa waktu lalu. Namun dengan upaya para gamer konsol, akhirnya PlayStation pun memutuskan untuk tetap mempertahankan toko online untuk PS3 dan PS Vita hingga saat ini.

Dengan hadirnya emulator, hal ini membuat game klasik tetap bisa dimainkan pada konsol terbaru.

TAG

PlayStationGame KonsolXbox