Masalah “Drifting” Masih Menghantui Joycon Nintendo OLED

Joy Con Nintendo Switch (Image Credit : Nintendo)
Joy Con Nintendo Switch (Image Credit : Nintendo)

BALUARTI.COM - Dengan perilisan model OLED terbaru, Nintendo mengatakan bahwa Joycon pada model tersebut telah mendapatkan peningkatan baru. Namun, hal ini bukan berarti menjadi akhir dari kasus drifting yang telah menghantui pengguna Switch sejak awal perilisan di tahun 2017.

Joycon drifting merupakan masalah yang dimana analog mulai “bergerak sendiri” ada konsol Nintendo. Hal ini biasanya terjadi karena adanya debu maupun penggunaan yang intens secara terus menerus.


JoyCon Nintendo (Image Credit : The Verge)

Nintendo menjelaskan, perubahan telah dilakukan pada Joycon Nintendo Switch OLED, terutama pada bagian internal dari analog. Tidak dijelaskan secara detil perubahan apa yang telah dilakukan oleh perusahaan terseubt, namun mereka yakin bahwa Joycon terbaru akan lebih baik dan tahan lama dari iterasi terdahulunya.

“Analog-stick secara terus menerus telah ditingkatkan sejak rilis, dan kami akan masih terus melakukan peningkatan. Analog-stick pada awal rilis telah lulus tes ketahanan Nintendo dengan menggunakan metode memutarkan stick secara terus menerus sambil memberikan tekanan terhadapnya, hal serupa juga telah diterapkan seperti pada gamepad Wii U,” ungkap Toru Yamashita, Deputy GM dari Nintendo.

“Kami terus memerhatikan Joycon yang digunakan oleh pengguna dan terus meningkatkan ketahananmasa pakai serta durabilitasnya,” lanjutnya

Yang menjadi pertanyaan besar banyak orang saat ini adalah apakah kasus drifting yang menghantui pengguna Nintendo akhirnya akan tuntas atau belum, namun menurut Ko Shiota hal tersebut mustahil untuk tidak terjadi.

“Ya, sebagai contohnya ban mobil yang akan aus semakin mobil dikendarai, itu karena adanya gesekan kontan dengan tanah selagi berputar. Premisnya sama (dengan Joycon), kita terus mempertanyakan diri kami bagaimana cara agar kami dapat terus meningkatkan durabilitas, tak hanya itu, tetapi juga bagaimana operabilitas dan durabilitas dapat saling berdampingan satu sama lain.  Itu menjadi hal yang terus kami atas,.” tutur Ko Shiota

Maka dari itu, Joycon drift mungkin akan menjadi sesuatu yang akan terus menghantui para pemilik Switch. Namun, kedepannya kita lihat saja seberapa tahan lama edisi Joycon terbaru yang dikeluarkan oleh Nintendo setelah peluncuran edisi OLED sekarang.

TAG

NintendoNintendo Switch