Review Gameplay Ghost of Tsushima, Layak Untuk Dibeli?

Ghost of Tsushima (Image Credit : playstation.com)
Ghost of Tsushima (Image Credit : playstation.com)

BALUARTI.COM - Pandemi yang berlangsung sejak tahun 2020 bukan menjadi suatu penghalang bagi beberapa developer game untuk tetap meluncurkan proyek andalannya. Sebut saja Sucker Punch, yang sebelumnya sudah dikenal karena menggarap Infamous dengan percaya diri mereka telah mengeksekusi Ghost of Tsushima pada bulan Juli 2020 lalu.

Game yang dirilis secara eksklusif pada PlayStation 4 itu berhasil sukses masuk ke dalam nominasi kategori Game of the Year 2020 di ajang The Game Awards.


Ghost of Tsushima (Image Credit : kotakgame.com)

Bukan menjadi hal yang mengherankan lagi jika Ghost of Tsushima masuk nominasi, karena memang game ini sangat layak untuk masuk ke dalam kategori tersebut.

Hampir sebagian besar aspek yang terdapat dalam game terlihat sangat memukau bagi para pemainnya. Dengan mengusung genre open-world yang luas dan dibekali dengan visual pemandangan alam yang sangat indah menjadi salah satu kelebihan dan nilai plus game tersebut.


Ghost of Tsushima (Image Credit : kotakgame.com)

Tidak hanya itu saja, game ini juga menyajikan alur cerita yang mendalam, emosional pada tiap karakter, dan mekanisme yang tergolong menantang membuat para pemain semakin tertarik untuk memainkan dan menyelesaikan misi pada game Ghost of Tsushima tersebut.


Gameplay Ghost of Tsushima (Image Credit : kotakgame.com)

Sukses dengan game orisinalnya, pihak developer tampaknya ingin kembali memuaskan para penggemarnya dengan menghadirkan konten cerita terbaru yakni Ghost of Tsushima: Director's Cut. DLC Ghost of Tsushima: Director's Cut menambahkan sebuah kisah baru pada pertengahan petualangan Jin Sakai dalam membasmi para tentara Mongol di Tsushima.

Hal ini bukanlah Ghost of Tsushima 2, karena game ini akan masih menggunakan base cerita dari game orisinalnya. Untuk dapat mengakses konten Director's Cut, diperlukan beberapa syarat tertentu.


Gameplay Game of Tsushima (Image Credit : kotakgame.com)

Sebelum memulai, pemain harus lebih dulu menyelesaikan cerita Act 1 atau sudah memasuki Act 2, yang dimana mengisahkan alur Jin tiba di Toyotama.

Jika progress pemain sudah mendekati akhir atau sudah jauh dari alur cerita Act 1, tentu pemain sudah bisa mengakses DLC Director's Cut terbaru ini melalui menu Journal.


Gameplay Ghost of Tsushima (Image Credit : kotakgame.com)

Game ini dijual sekitar 900 ribu sampai 1 jutaan. Namun, jika kamu merupakan fans berat dari Ghost of Tsushima, atau masih ingin menikmati petualangan Jin sambil menunggu konfirmasi dari sekuel terbarunya, edisi Director's Cut ini sangat layak untuk dimainkan, apalagi game ini juga meghadirkan tampilan visual yang memukau.

Selain menambahkan konten cerita, game Ghost of Tsushima juga turut menghadirkan sejumlah fitur tambahan yang sebelumnya belum pernah disematkan pada versi PS4. Fitur tersebut diantaranya, mulai dari lip-sync Jepang secara penuh, opsi menghilangkan tampilan busur panah yang ada di belakang punggung karakter, opsi lock-on target, fitur menjinakkan hewan dengan suling, Horse Charge atau menyerang musuh sambil menunggangi kuda, hingga aktivitas terbaru yakni Archery Challenge. Tidak hanya sampai situ saja, juga terdapat penambahan set armor dan charm terbaru untuk para pemain yang niat dan berjuang keras untuk memperolehnya.


Ghost of Tsushima (Image Credit : kotakgame.com)

Setelah dicoba, gameplay game Ghost of Tsushima: Director's Cut akan terasa lebih imersif jika dimainkan pada platform PS5. Hal ini terjadi karena adanya pemanfaatan teknologi DualSense seperti Haptic Feedback dan Adaptive Trigger pada konsol tersebut.

Selain itu, pohak developer juga menyediakan performa yang lebih stabil di resolusi 4K 60fps dengan kecepatan load times yang luar biasa cepat. Maka tidak heran jika game Ghost of Tsushima: Director's Cut merupakan jawaban dari semua pertanyaan dan kritik yang pernah dilontarkan oleh para penggemar terhadap game versi PS4 sebelumnya.

TAG

PlayStationGhost of TsushimaDLC