Steam Hilangkan Game Yang Menghasilkan Cryptocurrency Dan NFT Di Platformny

Steam Logo (Image Credit : Steam)
Steam Logo (Image Credit : Steam)

BALUARTI.COM - Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang nilainya sangat fluktuatif atau tidak menentu. Ia sempat populer beberapa waktu lalu dan kembali populer pada masa pandemi COVID-19, kepopuleran Cryptocurrency ini mengakibatkan pasokan chip menjadi sulit ditemukan karena semua perlengkapan seperti GPU diborong para mining untuk keperluan menambang Crypto.

Hal ini juga dimanfaatkan para developer dalam membuat game yang memanfaatkan Cryptocurrency, NFT, dan blockchain. Namun, sepertinya Valve tidak setuju dengan hal tersebut dan mulai menghapus beberapa game yang memanfaatkan hal tersebut.

Melansir NME, melaporkan bahwa Valve baru saja memberikan update terkait aturan baru untuk SteamWorks, API untuk publikasi video game dan mod di Steam. Salah satunya adalah aturan untuk sesuatu yang tidak bisa dipublikasikan di Steam.

Sebelumnya mereka telah menulis bahwa ujaran kebencian, gambar yang tidak senonoh, dan malware tidak akan bisa dipublikasikan di Steam. Kemudian, semenjak update mereka juga menambahkan aplikasi yang dibuat berdasarkan teknologi blockchain yang mungkinkan untuk memproduksi atau menukarkan cryptocurrency atau NFT.

Salah satu game yang telah mereka hapus dari platformnya adalah Age of Rust, game single-player yang menggunakan token berbasis blockchain untuk equipment dan senjatanya.

Menurut sang developer, Space Pirate Games, Steam menjelaskan bahwa item yang berbasis blockchain memiliki nilai dan mereka tidak memperbolehkan item yang miliki nilai di dunia nyata ada pada platformnya.

Menghormati keputusan Steam tersebut, Space Pirate Games kini harus merelakan Age of Rust didepak dari platform Steam. Namun, mereka tetap percaya bahwa game berbasis NFT dan blockchain adalah masa depan di industri video game.

TAG

PC GameSteam