Update Keamanan Baru, Twitch Pastikan Tidak Ada Password Yang Bocor

Logo Twitch (Image Credit : Twitch)
Logo Twitch (Image Credit : Twitch)

BALUARTI.COM - Awal bulan Oktober lalu, Twitch sempat mengkonfirmasi bahwa mereka telah mengalami pelanggaran data berskala besar, Informasi tersebut diumumkan langsung melalui akun Twitter resmi Twitch.

Kini, perusahaan platform streaming game Twitch mengatakan bahwa pihaknya percaya diri dengan sistem yang digunakan untuk menyimpan kredensial login, dan tidak diakses dalam pelanggan data termasuk dengan informasi ACH atau perbankan.

Setelah meninjau informasi dari file yang terbuka, menurut platform streaming game ini aksi pelanggaran data itu hanya dapat mempengaruhi sebagian kecil pengguna dan dampaknya tidak akan besar dan terlalu buruk.

Informasi yang bocor itu sebagian besar merupakan dokumen dari source-code repository dan sebagian detail pembayaran untuk streamer.

Sebelumnya, Twitch menyebutkan bahwa dalam peristiwa ini, peretas telah membocorkan data yang mencakup source-code untuk layanan streaming Twitch.

Data source-code tersebut merupakan data milik produk Amazon Game Studios yang belum dirilis. Informasi lain yang juga telah bocor salah satunya adalah detail terakit pembayaran kreator.

Sebelumnya, sebuah poster anonim di 4chan messaging board menampilkan torrent dengan kapasitas 128GB. Pengunggah tersebut mengklaim isi dari file tersebut mencakup keseluruhan riwayat Twitch.

File yang diberi nama "part one" tersebut mengasumsikan bahwa kemungkinan masih ada lagi file-file hasil peretasan Twitch lainnya.

Sebelumnya, Twitch memang sempat mengatakan terkait informasi pribadi seperti detail pembayaran kreator, tetapi kebocoran awal ini tidak menyertakan kata sandi, alamat, maupun akun email pengguna Twitch.

Sebagai gantinya, si pembocor hanya berfokus dalam membagikan alat dan informasi perusahaan Twitch alih-alih menyertakan akun pribadi pengguna Twitch.

Saat ini, masih belum jelas berapa banyak data yang telah diakses oleh peretas tersebut. Namun Twitch mengatakan saat ini pihaknya tengah bekerja keras untuk memahami lebih lanjut mengenai pelanggaran pada sistem keamanannya.

Selain itu, Twitch juga meminta kepada sejumlah pengguna untuk mengubah password atau kata sandi akun mereka.

TAG

Twitch