Alarm Bagi Indonesia! Lonjakan Kasus Covid-19 Diperkirakan Pertengahan Juni

Corona Virus (Image Credit : pixabay/MiroslavaChrienova)
Corona Virus (Image Credit : pixabay/MiroslavaChrienova)

BALUARTI.COM - Sebuah alarm bahaya bagi Indonesia karena Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono memperkirakan bakal ada lonjakan puncak kasus Covid-19  usai Lebaran.

Tepatnya itu bisa terjadi pada pertengahan Juni 2021. Hal itu dapat diperkirakan setelah melihat kenaikan kasus covid-19 pasca libur Lebaran beberapa minggu lalu.

“Kemungkinan kasus meningkat dan mencapai puncaknya pada pertengahan Juni,” kata Dante mengutip Kompas.

Jadi sebenarnya satu minggu usai Lebaran sudah bisa terlihat kalau ada kenaikan kasus positif Covid-19. Meski kenaikan angkanya tak terlalu signifikan.

Lonjakan puncak kasus positif covid-19 kemungkinan baru akan terjadi 6-7 minggu pasca libur Lebaran. Saat itulah, Indonesia harus berhati-hati dengan potensi lonjakan tinggi kasus positif Covid-19.

Selain ada kekhawatiran itu, sejumlah pihak juga mempermasalahkan soal minimnya pelacakan kasus positif di beberapa provinsi di Indonesia. Pelacakan kasus positif itu bisa dilakukan dengan cara tracing dan testing.

Masalahnya adalah selama ini hanya DKI Jakarta, Yogyakarta dan Sumatera Barat saja yang maksimal dalam melakukan pelacakan kasus positif. Jika pelacakan minim, bukan tidak mungkin kasus positif Covid-19 di Indonesia sebenarnya sudah tinggi.

TAG

Covid-19DKI JakartaNegara Indonesia