Aturan Pemerintah Soal Berakhirnya Mudik Lebaran untuk Para Pemudik

Ilustrasi lalu lintas mudik Lebaran. (Image Credit : cermati.com)
Ilustrasi lalu lintas mudik Lebaran. (Image Credit : cermati.com)

BALUARTI.COM - Berikut ini adalah aturan dari pemerintah soal berakhirnya mudik lebaran untuk para pemudik yang ingin kembali ke Jakarta.

Sebuah kabar penting untuk kamu yang ingin segera pulang ke Jakarta setelah melakukan mudik, untuk mengetahui aturan dari pemerintah usai berakhirnya mudik lebaran. Ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh para pemudik yang ingin kembali.

Bukan apa-apa, pemerintah bukannya melarang pemudik untuk kembali ke Jakarta. Hanya saja pemerintah ingin menekan angka penularan virus corona.

Soalnya menurut data, kasus virus corona di Jakarta sudah jauh menurun, berbanding terbalik dengan daerah tujuan mudik. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyatakan kalau perlu tindakan khusus untuk mengantisipasi arus balik.

“Kami juga telah meminta Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Lampung agar membentuk Satgas Khusus penanganan arus balik dari Sumatra ke Jawa,” kata Wiku mengutip dari Kompas.

Jadi, para pemudik diharuskan melakukan tes antigen terlebih dahulu baru bisa kembali ke Jakarta. Selain itu, pemeriksaan kesehatan juga harus dilakukan agar tak kembali ke Jakarta dalam kondisi sakit.

Pelaksanaan tes antigen sendiri akan dilangsungkan di luar pelabuhan Bakauheni, Lampung. Jadi dengan aturan ini, pemerintah berharap agar para pemudik yang kembali ke Jakarta adalah mereka yang sehat.

TAG

Jalur MudikMudikLebaran 2021