Hati-hati! BMKG Peringatkan Potensi Banjir Rob di Jakarta

ilustrasi banjir. (Image Credit : baluarti.com)
ilustrasi banjir. (Image Credit : baluarti.com)

BALUARTI.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan akan bahaya potensi banjir pasang alias banjir pasang di pesisir Jakarta.

Banjir rob itu sendiri terjadi akibat gerhana bulan total sehingga membuat daerah pesisir Jakarta berpotensi terjadi pada 28 hingga 30 Mei 2021. Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo memastikan kalau Jakarta masuk dalam terkena dampak banjir rob.

Sedikitnya bakal ada 11 wilayah termasuk Jakarta yang mengalami banjir rob akibat fenomena gerhana bulan total 2021. Hal itu diketahui setelah melakukan pemantauan dari Dermaga Hati, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

“Ada yang 26 hingga 27 Mei saja, ada yang justru mulai 28 Mei seperti Jakarta Utara dan Banten hingga 30 Mei,” kata Agus di Ancol mengutip Tempo.

“Berbarengan dengan gerhana bulan total ini atau fenomena gerhana bulan total, ada potensi banjir rob atau banjir pesisir di wilayah Indonesia,” lanjutnya.

Menurut hasil pantauan BMKG sejak 24 Mei lalu, ditemukan angin yang berhembus secara konsisten dengan kecepatan 46 kilometer per jam di perairan Indonesia. Akibatnya, tinggi gelombang di sejumlah perairan Indonesia bisa capai 3 meter.

Selain Jakarta, wilayah Batam, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Maluku dan Papua adalah daftar yang terkena banjir rob. Meski begitu, BMKG meminta masyarakat untuk tidak perlu panik dengan banjir rob.

TAG

BanjirBMKGDKI Jakarta