Jawaban Satgas Soal Alasan Kasus Covid-19 Melonjak Tinggi

Corona Virus (Image Credit : pixabay/MiroslavaChrienova)
Corona Virus (Image Credit : pixabay/MiroslavaChrienova)

BALUARTI.COM - Ketua Satgas penanganan Covid-19, Ganip Warsito mengakui kalau kasus konfirmasi positif di Indonesia mengalami lonjakan yang cukup tinggi.

Ganip menyebut kalau salah satu alasannya adalah karena libur Lebaran yang mengakibatkan terjadi mobilitas manusia antardaerah. Sehingga itu membuat penyebaran covid-19 jadi semakin mudah.

“Lonjakannya terjadi karena beberapa faktor, yang utama karena mobilisasi masyarakat. Konteksnya aktivitas sehari-hari, teristimewa saat liburan yang menjadikan mobilitas semakin tinggi,” kata Ganip mengutip Liputan6.

Mudahnya, Ganip menjelaskan bagiamana mobilitas manusia menyebabkan kasus covid-19. Ia menjelaskan kalau virus itu dibawa oleh manusia yang berpindah ke daerah tertentu sehingga itu bisa menular dengan mudah.

“Pembawa covid-19 adalah manusia, artinya mobillitas yang terjadi transmisi antarmanusia satu dan yang lain. Jadi prinsip memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan adalah strategi yang tepat untuk memitigasi kasus terjadi,” lanjutnya.

Memang kasus covid-19 di Indonesia dalam beberapa hari terakhir telah terjadi peningkatan. Setidaknya dalam beberapa hari terakhir, angka kasus positif sudah pasti berada di atas 5.000.

Mobilitas manusia pada saat libur Lebaran kemarin menjadi penyebab mengapa terjadi lonjakan kasus covid-19 di Indonesia. Bisa dikatakan ini adalah permulaan dari naiknya kasus positif covid-19.

TAG

Covid-19Satgas Covid