Kata Kemendagri Soal Wacana Jabatan Anies di Jakarta Diperpanjang

Anies Baswedan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI (Image Credit : Youtube (Anies Baswedan))
Anies Baswedan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI (Image Credit : Youtube (Anies Baswedan))

BALUARTI.COM - Kemendagri akhirnya buka suara soal wacana perpanjangan masa jabatan kepala daerah hingga Pilkada serentak pada 2024 mendatang.

Wacana itu timbul dari pakar otonomi daerah, Djohermansyah Djohan yang menyebut itu bisa sebagai solusi. Soalnya dari 2022 hingga 2024 bakal terjadi kekosongan pemimpin di daerah.

Ambil contoh saja di Jakarta, artinya ada kekosongan di kursi gubernur karena Anies Baswedan sudah tak menjabat sejak 2022. Artinya Jakarta bakal tanpa gubernur pada 2022 hingga 2024.

“Sebaiknya diperpanjang saja masa jabatan kepala daerah dan wakilnya. Misal habis 2022, siapa gubernur dan wakil gubernur di sana ditambah 2 tahun. Kalau habisnya 2023 tambah satu tahun,” kata Djohermansyah dikutip dari CNNIndonesia.

Oleh karena wacana agar masa jabatan kepala daerah termasuk Anies Baswedan pun mengemuka. Kepala Badan Penerangan Kemendagri Benni Irwan pun angkat suara terhadap wacana itu.

“Itu bisa menjadi bahan diskusi, wacana yang dibahas bersama-sama. Hingga saat ini, di Kemendagri belum ada wacana untuk itu,” kata Benni seperti dikutip dari CNNIndonesia.

Dengan demikian, wacana itu untuk sementara ditampung lebih dulu. Yang pasti bakal ada Pilkada serentak pada 2024 nanti.

TAG

Anies BaswedanKemendagri