Ketua Satgas Sebut Persentase Kematian dari Covid-19 di Indonesia Meningkat

Vaksinasi Covid-19 dilakukan kepada tenaga kesehatan lansia di RSUP Fatmawati, Jakarta, Kamis (11/2). (Image Credit : sehatnegeriku.kemkes.go.id)
Vaksinasi Covid-19 dilakukan kepada tenaga kesehatan lansia di RSUP Fatmawati, Jakarta, Kamis (11/2). (Image Credit : sehatnegeriku.kemkes.go.id)

BALUARTI.COM - Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Munardo baru-baru ini mengatakan kalau persentase kematian dari virus corona di Indonesia justru mengalami peningkatan.

“Persentase kematian kita mengalami peningkatan dalam beberapa minggu terakhir ini. Tolong setiap daerah mencermati kembali kemudian melakukan evaluasi dan mempelajari kenapa terjadi kenaikan kematian,” kata Doni seperti dikutip dari Kompas.

Menurut data dari Satgas, pada 15 Mei kemarin, angka kematian akibat covid-19 mencapai 2,76 persen. Padahal pada saat yang sama, persentase tingkat kematian akibat virus corona di dunia berkisar 2,07 persen.

Itu artinya, tingkat kematian di Indonesia lebih tinggi dari rata-rata dunia. Lalu kemudian, pada 5 Februari lalu, persentase kematian di Indonesia sudah mencapai 2,75 persen.

Dengan kata lain, memang ada kenaikan persentase kematian akibat virus corona di Indonesia dari Februari hingga saat ini. Ketua Satgas Doni Munardo meminta di daerah untuk membantu melacak penyebab fenomena buruk itu.

Sejatinya ada banyak faktor yang dapat menyebabkan tingginya kematian dari virus corona di Indonesia. Misalnya saja bisa saja karena pasien terlambat dapat penanganan, stok obat berkurang hingga faktor penyakit bawaan yang mungkin tinggi.

Tapi yang lebih penting lagi, Doni Munardo meminta semua pihak untuk ikut serta mencegah angka kematian akibat virus corona untuk terus meningkat lagi. Soalnya jika dibiarkan, itu bisa membahayakan seluruh warga Indonesia.

TAG

Covid-19Satgas Covid