Megawati Jadi Orang Indonesia Pertama Menerima Penghargaan Bintang Jasa

Megawati Soekarnoputri (Image Credit : Dokumen PDI-P)
Megawati Soekarnoputri (Image Credit : Dokumen PDI-P)

BALUARTI.COM - Presiden kelima Indonesia, Megawati Soekarnoputri baru saja menerima Bintang Jasa Negara untuk Persahabatan atau State Order of Friendship.

Penghargaan itu diberikan oleh Rusia berkat jasa-jasanya Megawati dalam mempererat persahabatan antar negara. Hal ini tentu membanggakan Indonesia.

“Sejatinya penghargaan ini akan diserahkan langsung oleh Presiden Vladimir Putin dalam upacara kenegaraan di Istana Kepresidenan Rusia pada November 2020, tapi berhubung ada corona makanya dibatalkan.” kata ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah mengutip Liputan 6.

“Bintang Jasa baru bisa diserahan Duta Besar Lyudmilia Vorobyova di Jakarta pada Selasa 2 Juni di kediaman Bu Mega di Teuku Umar,” lanjutnya.

Penghargaan ini lebih lanjut menurut Ahmad Basarah sebagai bukti kalau Megawati ikut dalam mengingatkan arti dari persahabatan antar negara. Selain itu, ternyata Megawati jadi orang Indonesia pertama yang mendapat penghargaan tersebut.

Sejak digelar pada 2000 lalu, belum ada orang Indonesia yang mendapatkan penghargaan tersebut. Sebelum Megawati, ada sejumlah tokoh dunia yang juga pernah mendapatkan penghargaan Bintang Jasa.

Mereka adalah Mahathir Mohammad, Nelson Mandela, Lee Kuan Yew, Mahmoud Abbas dan Ban Ki Moon. Megawati mendapat penghargaan Bintang Jasa dengan ditemani oleh Prananda Prabowo dan Puan Maharani.

TAG

PDIPMegawati Soekarnoputri