Mengerikan! Ditemukan Infeksi Jamur Hitam di Pasien Virus Corona India

Corona Virus (Image Credit : pixabay/MiroslavaChrienova)
Corona Virus (Image Credit : pixabay/MiroslavaChrienova)

BALUARTI.COM - Sebuah fakta mengerikan terungkap dalam penemuan infeksi jamur hitam yang terdapat di pasien virus corona. Infeksi jamur hitam tersebut sangat langka dan banyak ditemukan membussuk di anggota tubuh pasien virus corona di India.

Mengerikannya, ternyata infeksi jamur hitam itu meningkatkan angka kematian yang terjadi di India. Melansir dari BBC, dokter-dokter di India menyatakana kalau jika sudah tertular infeksi jamur hitam, maka tingkat kelangsungan hidup tinggal 50 persen saja.

Dokter Akshay Nair menyatakan kalau infeksi jamur hitam disebabkan oleh paparan jamur mmukosa yang banyak ditemukan di tanah, tanaman, pupuk kandang serta buah dan sayuran yang sudah membusuk. Penyakit ini dapat menyerang sinus, otak hingga paru-paru.

“Ini (jamur hitam) ada di mana-mana dan ditemukan di tanah dan udara, bahkan di hidung serta lendir orang sehat juga,” kata dokter Nair.

Lebih lanjutnya, sang dokter menduga infeksi jamur hitam pada pasien virus corona dipicu oleh penggunaan steroid. Sebagai informasi, steroid biasanya digunakan untuk mengurangi peradangan di paru-paru untuk virus corona.

Namun di satu sisi, ternyata steroid juga mengurangi kekebalan tubuh dan meningkatkan gula darah pada penderita diabetes. Menurut dokter Nair, dia telah melihat sekitar 40 pasien yang menderita jamur hitam sepanjang April.

Banyak dari mereka yang setelah sembuh dari virus corona harus kehilangan matanya. Soalnya jamur hitam itu sudah menyerang mata dan sedikit lagi bakal menginfeksi otak.

TAG

Covid-19Satgas Covid