Pirlo: Blunder Bentancur Buat Juventus Kehilangan Kepercayaan Diri

Pelatih Juventus, Andrea Pirlo (Image Credit : Twitter/Pirlo_official)
Pelatih Juventus, Andrea Pirlo (Image Credit : Twitter/Pirlo_official)

Juventus harus menelan kekalahan 1-2 saat melawan Porto di laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020-2021 pada Kamis (18/2) dini hari WIB. Pelatih Juventus, Andrea Pirlo, menyebut bahwa kekalahan timnya ini disebabkan oleh kehilangan kepercayaan diri.

Hilangnya kepercayaan diri Juventus disebutkannya setelah Porto mampu mencetak gol pertamanya ketika pertandingan baru berjalan 61 detik. Gol tersebut diakuinya telah mengubah jalannya pertandingan secara drastis dalam laga yang digelar di markas Porto di Estadio do Dragao, Porto, Portugal.

"Ketika Anda kebobolan gol cepat satu menit setelah kick-off dengan cara aneh seperti itu, maka wajar para pemain akan kehilangan kepercayaan diri, terutama melawan tim yang kuat bertahan," ujar Pirlo dilansir dari Football Italia.

Gol pertama Porto tersebut terjadi akibat kecerobohan gelandang Juventus, Rodrigo Bentancur. Pemain asal Uruguay itu melakukan backpass di kotak penalti tanpa melihat pemain lawan, Mehdi Taremi, yang berada di belakangnya.

Mehdi dengan cepat bereaksi untuk memenangi perebuatan bola. Striker asal Iran itu pun berhasil mendahului kiper Juventus, Wojciech Szczesny, dan berhasil membuka keunggulan pertama timnya.

Situasi semakin diperparah saat penyerang Porto, Moussa Marega, menambah keunggulannya setelah babak kedua baru berjalan 19 detik. Sedangkan, gol tunggal Juventus baru tercipta di menit ke-82 oleh Federico Chiesa.

"Porto langsung mendapatkan apa yang mereka inginkan. Dengan jadwal pertandingan yang padat itu wajar saja Anda tidak bisa mempertahankan fokus dan tempo yang tepat, tetapi itu tidak seharusnya terjadi di babak 16 besar Liga Champions," ujar Pirlo.

Meski kalah, Juventus masih punya kesempatan untuk mendapat tiket ke babak delapan besar. Klub berjuluk Si Nyonya Tua ini harus menang dengan skor 1-0 atau selisih dua gol pada leg kedua pada 10 Maret nanti yang diadakan di markas mereka, Allianz Stadium.

TAG

Liga ChampionsAndrea PirloPortoJuventus