Polri Siap Turun Tangani Kisruh Partai Demokrat

ilustrasi polisi (Image Credit : baluarti.com)
ilustrasi polisi (Image Credit : baluarti.com)

BALUARTI.COM - Kepolisian Negara Republik Indonesia menyatakan siap turun tangan menyelesaikan sengketa kepemimpinan Partai Demokrat. Namun Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono menekankan, keterlibatan Polri hanya dilakukan jika persoalan tersebut mengganggu ketertiban masyarakat.

"Kalau berpengaruh pada masyarakat, kami siap untuk menertibkan," kata Rusdi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (8/3).

Dia menjelaskan, komitmen tersebut sejalan dengan fungsi Polri sebagai penegak hukum. Polri juga memiliki kewajiban untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat apabila persoalan yang terjadi di Partai Demokrat meluas.

Sejauh ini, kata Rusdi, Polri masih bersikap wait and see. Belum ada tindakan yang diambil polisi menyangkut persoalan tersebut.

"Kami masih memantau permasalahan internal Partai Demokrat ini," katanya.

Pada Jumat (5/3), sejumlah mantan kader Partai Demokrat menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel The Hill Sibolangit, Deliserdang, Sumatera Utara. Dalam KLB tersebut, Kepala Staf Kepresiden (KSP) Moeldoko ditetapkan sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

Sebelumnya, sejumlah kader yang terlibat dalam KLB dipecat dari Partai Demokrat karena gerakan kudeta kepemimpinan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

TAG

Partai DemokratAgus Hartimurti YudhoyonoMoeldokoMabes Polri