Resmi Batal, Jemaah Haji Indonesia Tak Jadi Berangkat Tahun Ini

Kepala BPKH Anggito Abimanyu (tengah) menyampaikan keterangan pers (Image Credit : kemenag)
Kepala BPKH Anggito Abimanyu (tengah) menyampaikan keterangan pers (Image Credit : kemenag)

BALUARTI.COM - Pemerintah Indonesia mengkonfirmasi kalau jemaah haji Indonesia gagal berangkat ke Arab Saudi pada tahun ini.

Keputusan itu diambil setelah Arab Saudi masih belum juga memberi izin untuk jemaah haji Indonesia untuk hadir. Sehingga pada akhirnya diputuskan untuk membatalkan keberangkatan jemaah haji Indonesia.

“Pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jemaah haji 2021 atau 1442 H. menetapkan pembatalan pada penyelenggaraan haji atau 2021 M bagi warga negara Indonesia yang menggunakan kuot haji lainnya,” kata Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengutip Liputan 6.

Yaqut juga mengatakan kalau keputusan ini sudah dibicarakan dengan pihak lain. Salah satunya adalah dengan komisi 8 DPR RI untuk membahas masalah keberangkatan warga Indonesia bisa ke Arab Saudi.

Namun apa daya, karena pandemi juga makanya jemaah haji Indonesia tak bisa berangkat ke Arab Saudi. Meski gagal berangkat tahun ini, tapi yang sudah membayar bisa datang lagi di tahun depan.

“Setoran pelunasan Bipih dapa diminta kembali oleh jemaah haji yang bersangkutan. Jadi uang jemaah haji aman,” lanjutnya.

TAG

Jemaah HajiBatal Haji