Siap Ubah Pandemi Covid-19 Jadi Endemi, Pemerintah Bilang Begini

Illustrasi Masker (Image Credit : pixabay/nastya_gepp)
Illustrasi Masker (Image Credit : pixabay/nastya_gepp)

BALUARTI.COM - Soal siap ubah pandemi Covid-19 menjadi endemi, pemerintah menyatakan bakal rencanakan langkah-langkahnya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menyebut kalau pemerintah bakal siapkan langkah-langkah. Hal itu demi bisa mengubah Covid-19 dari pandemi jadi endemi.

Tentu itu semua sudah melalui analisis panjang. Jadi pemerintah berasumsi pandemi Covid-19 tidak akan hilang dalam waktu cepat.

“Artinya nanti akan menjadi wabah yang sifatnya sporadis  di tempat-tempat tertentu seperti flu, demam berdarah dan seterusnya,” kata Muhadjir mengutip Kompas.

Tapi bagi Muhadjir, protokol kesehatan tetap jadi yang utama. Seperti memakai masker, mencuci tangan hingga menjauhi kerumunan tetap harus diamalkan semua masyarakat.

“Kami juga terus melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM. Kondisi itu akan berlangsung sampai penanganan Covid-19 dianggap betul-betul terkendali,” lanjutnya.

Saat ini memang kasus Covid-19 sudah menurun. Makanya pemerintah pun diminta untuk bersiap segera ubah pandemi Covid-19 menjadi endemi.

TAG

Covid-19Anti Virus