Soal Rencana Koalisi dengan Gerindra di Pilpres 2024, Ini Kata PDIP

Megawati Soekarnoputri (Image Credit : Dokumen PDI-P)
Megawati Soekarnoputri (Image Credit : Dokumen PDI-P)

BALUARTI.COM - Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto memberikan tanggapannya tentang rencana koalisi dengan Gerindra di Pilpres 2024.

Baginya, PDIP memang sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk berkoalisi dengan Gerindra. Pasalnya, PDIP memang berhubungan baik dengan Gerindra selama ini.

Hasto lebih lanjut menjelaskan kalau hubungan antar kedua ketua umum berjalan dengan baik dan tak ada masalah. Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo Subianto memang sedang menjalin hubungan yang baik.

“Karena memang melihat bagaimana kedekatan hubungan pak Prabowo dengan ibu Megawati karena selain aspek ideologi faktor kedekatan kultural, kedekatan organisasi, kedekatan basis massa, kedekatakan dari aspek strategi untuk memperluas basis masa itu juga akan menjadi pertimbangan,” kata Hasto mengutip Liputan 6.

Namun tak hanya dengan Gerindra saja, menurut Hasto, PDIP juga cocok membangun kerja sama dengan partai lain. Sebut saja PAN, PPP dan PKB yang memang punya hubungan baik dengan PDIP.

Di sisi lain, Hasto juga berharap agar Pemilu ke depan hanya terbangun dua pasangan calon saja. Soalnya agar tidak habis energi untuk mengurusnya sehingga bisa fokus pada persoalan lain.

“Kami akan membangun koalisi sehingga paling tidak Pemilu ke depan itu hanya diikuti oleh dua pasangan calon, jadi tidak ada dua ronde supaya energi kita ini bisa difokuskan mengatasi berbagai persoalan,” lanjutnya.

TAG

PDIPPartai Gerindra