3 Transfer Ikonis antara PSG dan Barcelona

LOGO PSG - BARCELONA (Image Credit : BALUARTI.COM)
LOGO PSG - BARCELONA (Image Credit : BALUARTI.COM)

BALUARTI.COM - Paris Saint-Germain dan Barcelona memang layak disebut dua klub raksasa Eropa. Dalam kompetisi level domestik, keduanya bisa dibilang jadi raja dengan PSG di Prancis dan Barcelona di Spanyol.

Dengan torehan prestasi yang banyak, kedua klub itu pun saat ini diperkuat banyak pemain-pemain bintang, yang tentunya memiliki kemampuan di atas rata-rata dalam hal mengolah si kulit bundar.

Meskipun berbeda negara, kedua klub ini ternyata memiliki hubungan spesial. Beberapa kali PSG dan Barcelona sudah pernah bertemu dan berjibaku di lapangan hijau dalam ajang Liga Champions.

Selain hubungan pertemuan di lapangan, PSG dan Barcelona juga beberapa kali menjalin hubungan untuk urusan 'tukar-menukar' pemain saat bursa transfer.

Dari sekian banyak transfer yang pernah terjadi antara PSG dan Barcelona, ada tiga pemain yang cukup ikonis dan sulit untuk dilupakan. Siapa saja pemain tersebut? Berikut pembahasannya.

Maxwell

T tampil impresif sebagai bek kiri bersama Ajax dan Inter Milan, Maxwell akhirnya masuk radar dari Barcelona. Kedua pihak sepakat menjalin kerja dengan biaya transfer sebesar 5 juta euro sama pada 2009 silam .

3 tahun memperkuat klub yang bermarkas di Camp Nou itu, Maxwell menjadi salah satu pemain yang rutin masuk starting line up dalam berbagai kompetisi. Ia pun tercatat bermain sebanyak 89 kali dan mampu menyumbang 2 gol.

Hebatnya , meski bertugas mengawal pertahanan, Maxwell jarang melakukan pelanggaran keras. Lihat saja catatan kartu kuning yang hanya ada 9 selama memperkuat Blaugrana.

Sayang, kebersamaan Maxwell dan Barcelona tak bertahan lama setelah tempatnya mulai tersisih. Maxwell akhirnya diboyong oleh Paris Saint-Germain.

Di sana ia jadi pionir awal dominasi PSG di Ligue 1, yang sejak musim 2012-13 berturut-turut menjuarai Ligue 1, sampai ia memutuskan pensiun di akhir musim 2015-16.

Ronaldinho

Maxwell dan Mikel Arteta yang telah dibahas sebelumnya merupakan contoh kasus pemain yang pindah dari Barcelona ke PSG. Namun, hal berbeda terjadi untuk proses transfer Ronaldinho, yang justru pergi meninggalkan PSG ke Barcelona.

PSG sendiri memiliki tempat spesial di hati Ronaldinho. Pasalnya, klub yang bermarkas di Parc des Princes itu adalah jembatan awalnya memulai karier sepak bola di Eropa. Total 2 musim pemain murah senyum itu bersama PSG, dengan statistik 25 gol dari 77 pertandingan.

Meskipun tampil impresif, Ronaldinho pada akhirnya tidak pernah memenangkan gelar juara. Ia pun memutuskan pindah ke Barcelona, yang berani membayarnya sebesar 30 juta euro. Bersama klub inilah ia berhasil mencetak 94 gol dari 207 laga, yang berujung pada dua gelar juara LaLiga dan satu trofi Liga Champions.

Neymar

Di antara proses transfer yang pernah terjadi antara Barcelona dan PSG, mungkin tidak ada yang lebih fenomenal dari perpindahan megabintang asal Brasil, Neymar, yang terjadi pada 2017 lalu.

Sebelumnya, Neymar sendiri direkrut oleh Barcelona pada 2013 lalu. Datang dari Santos, selama 4 tahun ia jadi bagian trio trisula maut Blaugrana bersama Luis Suarez dan Lionel Messi. Total 105 gol dari 186 laga berhasil ia catatkan, ditambah dua gelar juara LaLiga dan satu trofi Liga Champions.

Catatan itu pun membuat Barcelona mematuk harga 222 juta euro untuk klausulnya, dengan anggapan tidak ada yang berani membelinya. Namun, kejutan dilakukan PSG yang ternyata menyanggupi klausul itu dan secara otomatis membuat Neymar jadi pemain termahal di dunia hingga kini.

TAG

FC BarcelonaParis Saint-Germain (PSG)