Lionel Messi dan 4 Peninggalan Spektakulernya di El Clasico

Lionel Messi saat melakukan selebrasi (Image Credit : https://www.fcbarcelona.com/en/)
Lionel Messi saat melakukan selebrasi (Image Credit : https://www.fcbarcelona.com/en/)

BALUARTI.COM - Barcelona dan Real Madrid bisa dibilang dua tim dengan rivalitas yang paling tinggi dalam dunia sepak bola. Pertemuan keduanya di lapangan hijau bahkan sampai punya julukan tersendiri, yakni El Clasico.

Dari banyaknya El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid yang terjadi, ada satu sosok yang bisa dibilang paling menonjol, terutama dalam 16 tahun kebelakang. Sosok itu adalah Lionel Messi, yang memulai debutnya bersama Barcelona di El Clasico pada usia 18 tahun, tepatnya 2005 silm.

Perlahan tapi pasti, Messi bisa menjelma menjadi pemain yang setiap aksinya selalu bisa mencuri perhatian. Hebatnyalagi, berbagai catatan indah sudah ia catatkan selama 16 tahun terlibat dalam El Clasico. Apa saja catatan itu, berikut redaksi Baluarti merangkumnya untuk para pembaca setia.

Top Skor dan Top Assist

16 tahun bukanlah waktu yang singkat dan selama itu Messi berhasil menciptakan rekor-rekor, yang mungkin akan susah untuk disamai atau bahkan dilewati oleh pemai-pemain lain di masa depan.

Saat ini, Messi tercatat sebagai top skorer atau pemain yang paling banyak mencetak goldalam sejarah perhelatan El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid.

Total 26 gol sudah ia cetak di semua laga El Clasico, melewati rekor yang sebelumnya di miliki Alfredo Di Stefano dengan 18 gol.

Tak hanya mencatatkan nama di papan skor, pemain berjuluk La Pulga itu juga jadi pemain dengan status top assists dalam sejarah El Clasico. Selama 16 tahun, Messi mampu menciptakan 14 assits bagi rekan-rekannya.

Potensi Rekor Hattricks

Sengitnya persaingan yang terjadi dalam laga El Clasico membuat bisa mencetak lebih dari satu gol sulit dilakukan. Namun pada kenyataanya ada 23 pemain yang dalam laga El Clasico pernah mencetak hattrick dan hanya ada lima saja yang pernah melakukannya lebih dari sekali.

Kelima pemain itu antara lain Jaime Lazcano, Santiago Bernabeu, Paulino Alcantara, Ferenc Puskas, dan Lionel Messi. Mereka semua dalam sejarah El Clasico pernah membuat hattrick sebanyak dua kali.

Hattrick pertama Messi di El Clasico terjadi pada 2007 lalu di usia 20 tahun dan laga berakhir imbang 3-3. Messi sendiri masih berpotensi untuk menjadi pemain yang paling banyak mencetak hattrick di El Clasico, menyusul kondisi 4 pemain lainnya yang sudah tidak aktif.

Kejar Catatan Kemenangan

Sebelum kedatangan Messi, laga El Clasico bisa dibilang menjadi milik Madrid. Saat itu Los Blancos punya catatan yang mendominasi atas Blaugrana, baik di LaLiga, Copa del Rey, maupun Liga Champions sejak pertama kali bertemu pada 13 Mei 1902.

Namun, kedatangan Messi pada 2004 silam mulai membawa dampak besar bagi Barcelona. Perlahan tapi pasti mereka mulai mengejar catatan kemenangan atas Real Madrid.

Kini dari total 245 pertemuan, Barcelona sudah mengantongi 96 kemenangan, selisih satu saja dari Madrid yang sudah 97 kali menang.

Kondisi itu juga pada akhirnya berpengaruh pada prestasi Messi, yang tercatat sebagai pemain paling sukses Barcelona dengan koleksi 34 trofi gelar juara selama 16 tahun bersama klub yang bermarkas di Camp Nou itu.

Selebrasi Pembuat Emosi Madrid

Telah disebutkan sebelumnya jika sepanjang keikutsertaanya dalam partai El Clasico. Messi total sudah 26 kali membuat kiper Madrid memungut bola dari gawang sendiri.

Namun, di antara gol-gol yang sudah ia cetak tersebut, mungkin gol dalam laga Real Madrid vs Barcelona musim 2016-17 jadi yang paling ikonik, lantaran selebrasi yang dilakukan pemain asal Argentina itu.

Saat itu, Messi berhasil menjadi pahlawan kemenangan Barcelona setelah golnya di masa injury time membawa Barcelona pada kemenangan 3-2 atas Madrid.

Usai mencetak gol, Messi kemudian berlari ke arah pendukung Madrid, ia kemudian melepas jerseynya dan menunjukkan bagian belakang, yang menunjukkan nama dan nomor punggungnya, yang tentu saja memancing emosi fans Madrid untuk memberi kata-kata makian.

TAG

FC BarcelonaLionel MessiLa Liga Spanyol