Akibat Kelangkaan Chip, Apple Akan Pangkas Produksi iPhone 13

IPhone 13 (Image Credit : Apple)
IPhone 13 (Image Credit : Apple)

BALUARTI.COM - Apple tampaknya terdampak juga oleh kelangkaan chip yang saat ini sedang melanda dunia. Mereka dikabarkan telah memangkas target produksi iPhone 13 akibat hal tersebut.

Apple dikabarkan tidak bisa mendapat pasokan chip yang mencukupi dari Broadcom dan Texas Instruments, yang kemudian akan memangkas rencana produksi iPhone 13 dari yang sebelumnya berjumlah 90 juta unit hingga akhir tahun 2021, menjadi sebanyak 10 juta unit saja, atau sekitar 11%, dari jumlah total target tersebut.

Jadi, masalah ini sepertinya bukan berasal dari TSMC saja selaku yang memproduksi A15 Bionic atau otak utama iPhone 13. Namun menurut iFixit saat membongkar iPhone 13 Pro, terlihat jika Texas Instruments dan Broadcom lah yang merupakan pembuat dari sejumlah komponen inti, seperti chip manajemen daya, sensor laser Face ID, koneksi USB, koneksi nirkabel, dan masih banyak lagi.

Sebelumnya, CEO Apple, Tim Cook juga telah pernah memperingatkan bahwa Apple akan mengalami masalah terkait pasokan chip. Pada earning call Q3 lalu, Cook menyebut jika Apple sudah melakukan segala hal untuk mengatasi masalah tersebut.

"Namun, meskipun kami sudah berusaha keras dan memiliki hubungan baik dengan pemasok komponen, kami tetap tidak bisa mendapat komponen yang mencukupi untuk memproduksi iPhone," ujar Cook.

Meskipun mengalami masalah terkait pasokan chip, Apple tetap akan merilis produk-produk terbarunya. Baru-baru ini, mereka telah menyebar undangan untuk acara yang diadakan tanggal 18 Oktober 2021 mendatang.

Kemungkinan produk yang akan dirilis pada acara ini adalah dari lini Mac, yaitu MacBook Pro dengan chip M1X terbarunya yang disinyalir lebih kencang dibanding chip M1. M1X disebutkan akan datang dalam dua versi: keduanya menggunakan 10 core CPU (delapan performa tinggi dan dua efisiensi tinggi) dengan 16 atau 32 core grafis

Selain MacBook Pro M1X, Apple diprediksi akan mengungkap lebih detail terkait macOS Monterey di acara tersebut setelah dipamerkan di WWDC 2021 pada bulan Juni 2021 lalu. Tidak ketinggalan juga Apple akan meluncurkan AirPods terbarunya yakni generasi ke-3.

Disebutkan juga bahwa Apple kemungkinan juga akan memperkenalkan Mac Mini yang ditenagai dengan chip M1X. Mengacu pada render yang beredar, perangkat ini akan hadir dengan body lebih ramping dengan sudut yang lebih membulat.

TAG

IphoneAppleiPhone 13IOS