Alasan Mengapa RAM Besar Sangat Penting Di Android

Illustrasi Komponen Elektronik (Image Credit : pixabay/Recklessstudios)
Illustrasi Komponen Elektronik (Image Credit : pixabay/Recklessstudios)

BALUARTI.COM - Kapasitas RAM merupakan salah satu spesifikasi yang biasa dijadikan pertimbangan Ketika hendak membeli smartphone. Kapasitas RAM smartphone saat ini pun bervariasi, mulai dari 1, 4, 8, 12, dan bahkan ada smartphone yang menyediakan pilihan RAM hingga 18 GB.

Lalu, apa sebenarnya RAM dan untuk apa fungsinya di smartphone? Apakah kapasitas RAM akan memengaruhi performa ponsel secara keseluruhan?

Pengertian RAM

RAM merupakan kepanjangan dari Random Access Memory. Secara teori, RAM memiliki prinsip kerja yang sama dengan memori internal yang biasa dipakai untuk menyimpan berbagai file, foto, video, aplikasi, dan lain sebagainya di smartphone.

Hanya saja, kemampuan membaca (read) dan menulis (write) pada RAM jauh lebih cepat dan mumpuni dibandingkan dengan storage. Singkatnya begini, RAM bisa diibaratkan sebagai kantong/saku celana, sementara memori internal adalah tas punggung. Apabila kita ingin menyimpan sesuatu dengan cepat dan bisa dijangkau oleh tangan kita, tentunya kita akan memilih saku celana dibanding tas.

Fungsi RAM

Fungsi utama dari RAM sendiri adalah untuk menyimpan berbagai file sistem atau aplikasi yang sedang dipakai atau sedang berjalan oleh sistem ponsel "untuk sementara waktu". Karena disimpan di sana, smartphone otomatis akan membaca, menjalankan, dan meluncurkan suatu aplikasi dengan cepat. Sebelum disimpan di RAM, berbagai file sistem dan aplikasi, termasuk file sistem operasi (OS) tersimpan di memori internal perangkat pengguna.

Ketika hendak dibutuhkan, file-file atau aplikasi tersebut akan dimuat ke dalam RAM supaya smartphone bisa menjalankan aplikasi tersebut dengan lancar.

Ketika file atau suatu aplikasi tidak lagi dipakai, maka RAM secara otomatis akan menghapusnya agar kapasitas RAM yang terpakai tadi bisa digunakan kembali oleh aplikasi lain. Seluruh informasi yang tersimpan di dalam RAM juga biasanya akan hilang atau dihapus secara otomatis apabila smartphone di matikan daya atau restart.

Selain fungsi utama tadi, RAM juga bisa berfungsi untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan tanpa memperlambat performa smartphone secara keseluruhan. Proses ini biasa disebut sebagai multi-tasking.

Ketika membuka lebih dari satu aplikasi, maka aplikasi yang lainnya tersimpan di dalam RAM (background) smartphone. Kemudian Ketika aplikasi tersebut dijalankan, pengguna bisa langsung membuka aplikasi tersebut tanpa harus menunggu lama, atau melihat layar tunggu (loading screen) aplikasi tersebut.

Hal ini tentu membuat penggunaan smartphone menjadi lebih efisien. Sebab, jika suatu aplikasi tidak disimpan di dalam RAM, maka ponsel akan membaca Kembali data aplikasi tersebut dari memori internal, kemudian baru memindahkannya ke RAM secara berulang kali.

Kecepatan Smartphone Bergantung Pada RAM?

Lalu, apakah kapasitas RAM memiliki pengaruh terhadap performa smartphone? JawabannyaBisa!, namun juga bisa tidak. Secara teori, semakin besar kapasitas RAM, maka akan semakin besar pula ruang yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai aplikasi untuk melakukan multitasking. Sehingga, pengguna tidak perlu menutup aplikasi mereka atau membersihkan RAM secara berkala.

Namun, hal itu tidak berlaku untuk smartphone Apple. Karena, kapasitas RAM di iPhone seperti yang diketahui biasanya memang tidak sebesar ponsel Android. Meskipun demikian, bukan berarti iPhone menjadi lebih lambat dari Android. Hal ini terjadi karena berbagai aplikasi yang berjalan di iPhone sedikit berbeda dan biasanya dioptimalkan sedemikian rupa agar tidak memakan RAM berlebih, dan tetap berjalan dengan lancar.

Hal ini terjadi lantaran iPhone menjalankan sistem operasi (OS) buatan mereka sendiri, yaitu iOS. Di sisi lain, ponsel yang menggunakan OS Android telah digunakan oleh banyak vendor smartphone, sehingga proses optimasi untuk berbagai aplikasi mungkin akan merepotkan si pengembang aplikasi itu sendiri.

Selain itu, manajemen RAM dan sistem notifikasi di iPhone juga diatur sedemikian rupa oleh Apple agar lebih hemat RAM.

Haruskan Memiliki Smartphone Dengan RAM Besar?

Jawaban dari pertanyaan tersebut tentunya tergantung dari pemakaian si pemilik ponsel. Karena, semakin banyak aplikasi yang ter-install atau dijalankan, maka semakin besar pula RAM yang dibutuhkan. Hal ini juga berlaku ketika hendak bermain game.

Apabila pengguna gemar bermain game di Smartphone bahkan bermain  berbagai game berat seperti PUBG Mobile atau Asphalt 9, maka mereka sebenarnya membutuhkan RAM yang lebih besar supaya game yang mereka mainkan tersebut bisa dimuat ke dalam RAM. Sebab, kedua game tersebut akan memakan RAM sekitar 1 GB RAM ketika sedang dijalankan.

TAG

HandphoneIphoneSmartphoneAndroid