AMD Berikan Update Terbaru Atasi Masalah Pada Windows 11

Windows 11 (Image Credit : microsoft.com)
Windows 11 (Image Credit : microsoft.com)

BALUARTI.COM - Beberapa waktu lalu, AMD sempat mengonfirmasi bahwa sistem operasi terbaru Microsoft, yakni Windows 11 ternyata mengandung bug yang bisa menurunkan performa komputer/PC dengan prosesor (CPU) AMD.

ATedapat dua masalah yang disebut akan dirasakan para pengguna prosesor AMD, terutama untuk pengguna yang menggunakan seri Ryzen, yaitu penurunan performa pada sejumlah aplikasi dan game esports, serta kinerja aplikasi yang tidak bisa berjalan dengan optimal.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Microsoft dan AMD pun akhirnya menghadirkan dua pembaruan (patch) untuk mengatasi dua masalah tersebut.

Pembaruan pertama yang hadir dalam format AMD chipset driver update versi 3.10.08.506, ini memperbaiki masalah sistem pemilihan inti CPU yang digunakan oleh aplikasi.


AMD Update Bug Windows 11 (Image Credit : https://www.amd.com/en/support)

Sedangkan pembaruan kedua, yaitu hadir dalam format Windows 11 update dengan versi 22000.282 (KB5006746), dan memperbaiki anomali di sistem latency cache level-3 (L3).

Pembaruan pertama sudah bisa diunduh di tautan berikut, sementara itu untuk pembaruan kedua, menurut keterangan di situs Microsoft saat ini bisa diunduh dengan mengunjungi menu "Settings" > "Windows Update" di komputer/PC masing-masing pengguna.

Sebelumnya, AMD sempat menjelaskan bahwa ada dua bug yang menjadi pemicu mengapa Windows 11 bisa bikin komputer dengan prosesor AMD lambat. Pertama adalah karena latency cache L3 di prosesor yang meningkat hingga 3 kali lebih lama dibandingkan biasanya ketika komputer menjalankan Windows 11.

Dan ffeknya, menurut AMD kinerja saat menjalankan aplikasi menurun antara 3 hingga 5 persen. Dampak masalah ini lebih terlihat saat komputer/PC menjalankan game. AMD mengatakan bahwa penurunan kinerja bisa mencapai 10-15 persen di judul-judul game esports.

Permasalahan kedua berkaitan dengan sistem pemilihan inti CPU yang diprioritaskan untuk menjalankan aplikasi (preferred core).

Dampaknya, performa aplikasi yang sensitif terhadap kinerja atau beberapa thread CPU bisa ikut terpengaruh. Masalah ini lebih spesifik ditemukan di prosesor dengan jumlah core CPU lebih dari 8 buah dan TDP di atas 65 watt.

Adapun daftar prosesor AMD yang terdampak salah satu atau kedua masalah tersebut mencakup seluruh CPU AMD yang mendukung Windows 11, yakni mulai dari seri Ryzen 2000, 3000, 4000, hingga 5000 Series, juga lini Epyc dan Athlon terbaru.

TAG

MicrosoftWindowsWindows 11AMD