Android 12 Resmi Hadir Dengan Nama Snow Cone

Android 12 (Image Credit : Android)
Android 12 (Image Credit : Android)

BALUARTI.COM - Setelah beberapa bulan merilis pratinjau pengembang dan versi beta-nya, Google kini akhirnya secara resmi telah meluncurkan Android 12 dengan build stabil ke Android Open Source Project pada tanggal 4 Oktober 2021 kemarin. Selain tu, Google juga secara resmi telah mengungkapkan bahwa nama yang akan digunakan padaa Android 12 adalah nama makanan penutup yakni Snow Cone. Hal tersebut ditegaskan oleh Dave Burke, Seorang Wakil Presiden Teknik Google untuk Android.

Langkah ini menandai hal yang cukup penting, mengingat setelah Google meninggalkan penggunaan suguhan lezat sebagai nama merek untuk tiap rilisan versi Android utama pada tahun 2019 lalu dengan peluncuran Android 10. Sejak saat itu, setiap rilis utama sistem operasi telah dirujuk hanya dengan berdasarkan urutan numeriknya.

Seperti diketahui, ini bukan menjadi yang pertama kalinya nama Snow Cone diketahui. Sebelumnya, nama makanan penutup itu pertama kali muncul pada bulan Februari lalu, ketika informasi terkait nama internal untuk Android 12 bocor. Ketika Google merilis versi Android terbaru, ia memiliki kebiasaan utuk mengganti kode internal dengan nama makanan penutup resmi yang berbeda.

Selain kembalinya nama OS dengan tema suguhan lezat, Android 12 juga telah memperkenalkan sejumlah peningkatan lebih baik, seperti adanya tema dinamis, widget yang telah diperbarui, dan pengaturan privasi yang telah ditingkatkan. Fitur utama pada OS Android ini adalah bahasa desain Material You dan tema dinamis yang baru.

Seperti biasa, sistem operasi terbaru Android 12 akan diluncurkan terlebih dahulu untuk smartphone Google Pixel, termasuk Pixel 5a hingga seri Pixel 3 sebelum menjangkau banyak ponsel Android lainnya. Beberapa vendor smartphone Android seperti Oppo, OnePlus, dan Realme masing-masing telah mengonfirmasi tanggal peluncuran Android 12 untuk produknya. Android 12 sendiri akan menghadirkan desain, opsi privasi, hingga izin lokasi terbaru.

Kemudian, terdapat  indikator layar yang dapat memberitahu pengguna jika mikrofon atau kamera ponsel sedang digunakan layaknya fitur yang terdapat pada Apple sebelumnya.

TAG

SmartphoneAndroidGoogle