Aplikasi Android Ini Sudah Bisa Digunakan Di Windows 11

Windows 11 (Image Credit : www.microsoft.com)
Windows 11 (Image Credit : www.microsoft.com)

BALUARTI.COM – Setelah sekian lama menunggu, Microsoft akhirnya mengizinkan aplikasi Android dapat digunakan pada Windows 11. Saat ini, itu bisa dicoba langsung oleh pengguna yang sudah terdaftar sebagai beta tester di Windows Insider Program.

Sebelumnya, Microsoft meluncurkan sistem operasi terbaru Windows 11 pada tanggal 5 Oktober lalu. Windows 11 membawa sejumlah peningkatan dan pembaruan yang memberikan pengalaman baru bagi pengguna sistem operasi ini.

Pengguna bisa mencoba bebagai aplikasi Android di Windows 11 dengan perangkat yang menggunakan prosesor Intel, AMD, dan Qualcomm.

Pengguna juga bisa mencari aplikasi Android dengan mengaksesnya melalui Microsoft Store. Pada laman Microsoft Store, disana akan ditampilkan bermacam aplikasi untuk diunduh dan diinstall yang berasal dari Amazon Appstore yang sudah terintegrasi dengan Microsoft Store.

Aplikasi Android tersebut juga dapat digunakan berdampingan dengan aplikasi Windows pada perangkat pengguna, aplikasi tersebut juga sudah terintegrasi dengan fungsi Alt + Tab dan Taskview, serta pengguna bisa melakukan Pin pada aplikasi tersebut ke menu Start ataupun Taskbar.

Melansir laman resmi Windows, pengguna disebut bisa melihat notifikasi aplikasi Android pada bagian Action Center, atau membagikan clipboard antara aplikasi Windows dan aplikasi Android.

Hal tersebut tentu menjadi sebuah pengalaman baru yang memudahkan para pengguna dalam beraktivitas pada lintas aplikasi.

Microsoft menyebut bahwa pihaknya saat ini telah membangun pengalaman yang mengedepankan aksesibilitas, seperti memberikan pengaturan aksesibilitas yang sama yang diberikan kepada aplikasi Windows pada aplikasi-aplikasi Android.

Selain itu, perusahaan juga mengatakan sedang melakukan kerja sama dengan raksasa teknologi Amazon untuk memberikan lebih banyak lagi inovasi pada Windows dengan tujuan untuk mengkurasi 50 aplikasi yang diuji coba pada Windows 11.

Aplikasi yang sudah bisa dicoba tersebut diantaranya ada games seperti June's Journey, Lords Mobile, dan Coin Master. Kemudian untuk beberapa aplikasi membaca, ada Kindle atau aplikasi serial komik digital yang dapat memudahkan para pembaca untu membaca pada perangkat tablet berbasis Windows.

Selain itu, sejumlah aplikasi anak-anak seperti Lego Duplo World dan Khan Academy Kids juga bisa dicoba pada versi beta aplikasi Android di Windows 11.

Lebih lanjut, 50 aplikasi yang sudah bisa dicoba saat ini hanyalah sebagian kecil dari tiga jutaan aplikasi yang ada Google Play Store maupun 600 ribuan aplikasi yang ada di Amazon Appstore saja.

Meski demikian, masih belum ada kepastian berapa jumlah aplikasi Android yang akan dibawa oleh Microsoft ke dalam fitur terbarunya tersebut di Windows 11.

TAG

AndroidMicrosoftWindowsWindows 11