Apple Disebut Gunakan Layar Murah Pada iPad Mini 6

Ipad Mini 6 (Image Credit : Apple)
Ipad Mini 6 (Image Credit : Apple)

BALUARTI.COM - Layar yang digunakan pada perangkat iPad Mini 6 yang belum lama dirilis ini dikeluhkan banyak orang karena menampilkan animasi scrolling yang bergoyang, atau disebut dengan efek 'jelly scroll'.

Efek 'jelly scroll' pada iPad Mini 6 ini ditemukan dan dijelaskan oleh iFixit saat membongkar salah satu iPad keluaran terbaru tersebut. Efek ini bukan merupakan hal baru, dan hal tersebut ada hubungannya dengan orientasi papan controller yang terdapat dalam perangkat.

Dengan begitu, efek ini tentunya tak selalu muncul, atau tergantung pada orientasi layar pada saat digunakan. Bisa dikatakan penyebabnya adalah layar akan 'memperbarui' tampilan (refresh rate) dari satu sisi ke sisi lainnya.


iPad Mini 6 (Image Credit : tokohapedia.co.id)

Jadi, jika pengguna menggunakan tablet untuk orientasi tertentu yang tak sesuai dengan orientasi komponen, maka efek scrolling layar pada iPad ini akan terasa tidak setara untuk tiap sisinya. Seperti dalam kasusnya iPad Mini 6 ini, efek 'jelly scroll' ini muncul saat iPad digunakan pada orientasi layar vertikal.

Apple sendiri juga menyebut masalah yang terdapat pada iPad Mini 6 ini adalah hal yang normal, dan menurut spekulasi dari iFixiit, hal tersebut terjadi karena Apple menggunakan panel layar yang lebih murah jika dibandingkan dengan yang biasanya.

Menurut iFixit, penggantian layar pada iPad Mini 6 ini dilakukan dengan cara memanaskan layar dan memotong lem yang merekatkan panel ke bodi. Terdapat  dua konektor yang menghubungkan layar dengan bodi tablet.

Selain itu, Apple juga dikatakan menggunakan konektor jenis baru untuk menghubungkan baterai untuk iPad Mini 6 yang lebih mudah dibuka dibandingkan dengan sebelumnya. Meskipun baterainya sendiri ditempel dengan menggunakan lem yang sangat kuat, jadi masih membutuhkan alkohol isopropil untuk melarutkannya.

Hanya saja, meskipun layarnya tak sulit dibuka, tetapi ada satu komponen yang mungkin tidak bisa bisa digunakan lagi setelah dibongkar, yaitu speaker. Hal tersebut terjadi karena speaker iPad Mini 6 terhubung dengan lem yang membuatnya tak akan bisa berfungsi lagi setelah dibongkar.

Sebagai informasi, komponen USB-C pada iPad Mini 6 juga modular, sehingga komponennya terpisah dari motherboard, hal ini memungkinkan bisa diperbaiki atau diganti dengan mudah. Kendati demikian, hal tersebut belum cukup untuk membuat iPad Mini 6 mendapatkan skor tinggi dalam hal perbaikan, karena iFixit hanya memberikan skor 3 dari 10 untuk perangkat terbaru Apple ini.

TAG

AppleIOSiPad