Apple Macbook Pro Terbaru Tidak Dilengkapi Touch Bar, Kenapa?

Macbook Pro 2021 (Image Credit : Twitter.com/MKBHD)
Macbook Pro 2021 (Image Credit : Twitter.com/MKBHD)

BALUARTI.COM - Acara Apple Unleashed yang digelar tanggal 19 Oktober 2021 kemarin memperkenalkan dua buah MacBook Pro terbaru. Tetapi, kedua perangkat tersebut kini tidak lagi dilengkapi dengan Touch Bar yang sebelumnya terdapat pada Macbook lima tahun ke belakang.

Sebuah layar sentuh berukuran sempit memanjang yang terletak tepat di atas keyboard dan bertujuan untuk merevolusi seluruh pengalaman pengguna tersebut kini tidak dapat dirasakan para pengguna Macbook Pro terbaru.

PEngenalan Touch Bar dimulai ketika Apple merilis MacBook Pro 2016 lalu. Menurut Apple, potongan layar sentuh kecil tersebut dimaksudkan untuk menawarkan pengalaman yang dinamis, dan memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dengan konten di layar utama mereka.

Touch bar juga dimaksudkan untuk menambah kemudahan akses terhadap aplikasi tertentu, fungsionalitas dalam aplikasi, bahkan bahkan hal-hal adjusment seperti kontrol volume bisa dilakukan di layar kecil itu.

Namun anehnya, hingga saat ini diketahui tidak pernah ada satu pun pembaruan MacOS yang memperkenalkan fitur atau kemampuan Touch Bar terbaru yang dilakukan oleh Apple.

Perusahaan juga dinilai tidak serius mengiklankan fitur terbaru tersebut semenjak awal Touch bar dirilis. Sejumlah pengguna MacBook Pro bahkan ada yang mengaku tidak pernah menggunakan Touch Bar, dan sebagian mungkin beralasan karena kurangnya iklan dan dukungan dari Apple.

Namun bagian lain mengungkapkan fakta bahwa Touch Bar pada Macbook hanya mengganggu jika digunakan. Sebagian besar dari kita juga telah belajar menggunakan keyboard dengan cara tertentu, meskipun pengguna laptop harus beradaptasi dengan penggunaan trackpad.


Touch Bar (Image Credit : ussfeed)

Namun sebaliknya, selama penggunaan untuk aktivitas sehari-hari, tangan pengguna justru relatif jarang berada di dekat tempat Touch Bar berada.

Selain itu, kombinasi pengetikan dan kontrol sentuh dianggap menjadi kagok saat digunakan bagi sebagian orang. Kecanggungan penggunaan Touch Bar justru dianggap  menggangu di tahun-tahun awalnya rilis.

Sebelum pengguna MacBook Pro terbiasa dengan penempatan Touch Bar, banyak yang mengalami masalah dengan secara tidak sengaja menyentuh Touch Bar saat mereka mengetik sesuatu di bagian atas keyboard.

Hasilnya, Touch bar tersebut sering mengganggu pengguna, menyebabkan refresh situs web bahkan penutupan file.

Apple juga berjanji bahwa Touch Bar akan berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan informasi aplikasi yang tersembunyi. Namun sayangnya hal tersebut juga terbukti tidak efektif karena penempatan desktop.

Pada akhirnya, banyak orang yang mencari cara untuk menonaktifkan Touch Bar mereka daripada mencoba beradaptasi dengannya.

MacBook Pro 14-inci dan 16-inci yang baru dirilis ini tidak lagi memiliki fitur Touch Bar, kini digantikan dengan deretan tombol fisik yang menyatu dengan keyboard.

Tetapi, Touch Bar masih bisa ditemukan di MacBook Pro 13 inci yang dijual Apple. Terakhir, kemungkinan Apple tidak akan mengembalikan Touch bar dalam waktu dekat.

TAG

AppleMacbookMacbook Pro