Belum Optimal, Windows 11 Pada AMD Dilaporkan Mengalami Penurunan Performa!

Windows 11 (Image Credit : microsoft.com)
Windows 11 (Image Credit : microsoft.com)

BALUARTI.COM - Windows 11 baru saja dirilis selama resmi dalam beberapa hari terakhir, dan sudah banyak laporan yang mulai membahas masalah yang terjadi pada sistem operasi terbaru Microsoft tersebut.

Salah satu dari masalah tersebut adalah terkait dengan ketidakcocokan dengan perangkat lunak atau aplikasi jaringan tertentu seperti Oracle's VirtualBox, serta juga terdapat berbagai macam bug baru.

Laporan terbaru datang dari seseorang yang baru saja mengupgrade OS Windows-nya, ia mengatakan orang yang meng-upgrade sistem operasinya ke Windows 11 untuk Ryzen akan mengalami kinerja yang lebih rendah dalam beberapa skenario. Regresi kinerja pada sebagian besar aplikasi akan berada dalam kisaran 3 hingga 5 persen, tetapi selama pengujian AMD menemukan terdapat penurunan kinerja sampai 15 persen pada beberapa game eSports populer.


Windows 11 pada AMD (Image Credit : GSMArena.com)

Masalah ini juga memengaruhi semua CPU Ryzen dan Athlon yang menggunakan Windows 11, termasuk sekitar 100 model dari seri Ryzen 2000, Ryzen 3000, Ryzen 4000, dan CPU seri Ryzen 5000 generasi saat ini. AMD mengatakan bahwa prosesor EPYC untuk pusat data dan prosesor Threadripper untuk workstation juga terpengaruh masalah pada Sistem Operasi Windows 11.

AMD menjelaskan terdapat 2 masalah utama. Pertama, perusahaan menentukan bahwa Windows 11 dapat menyebabkan latensi cache L3 fungsional naik hingga tiga kali lipat.

Yang kedua adlaah terkait dengan fitur yang disebut UEFI CCPC2 ("preferred core"), yang biasanya akan menjadwalkan thread pada inti prosesor tercepat. Namun, dalam versi rilis Windows 11, hal ini justru tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan sebagian besar memengaruhi kinerja untuk prosesor dengan delapan inti atau lebih, dan TDP lebih dari 65 watt.

Saat ini, Microsoft dan AMD menyarankan kepada para penggunanya untuk tetap menggunakan OS versi Windows 10 yang memang sudah sangat optimal. Kedua perusahaan itu kini juga sedang mengerjakan perbaikan perangkat lunak yang akan selesai pada akhir bulan tahun ini.

TAG

MicrosoftWindowsWindows 11AMD