Berkat Apple Watch, Nenek Ini Selamat Dari Gagal Jantung Yang Dialaminya

Illustrasi Alat Monitor Jantung (Image Credit : pixabay/mirkosajkov)
Illustrasi Alat Monitor Jantung (Image Credit : pixabay/mirkosajkov)

BALUARTI.COM - Salah satu fitur kesehatan unggulan yang ditawarkan Apple pada Apple Watch salah satunya yakni Monitor EKG, sebuah alat yang dirancang khusus untuk mendeteksi detak jantung yang tidak teratur seseorang, atau istilah medisnya adalah tanda AFib (Atrial Fibrillation).

Tanda ini menjadi sangat penting karena jika orang tersebut tidak langsung dirawat atau dirawat sesegera mungkin bisa berakibat fatal.


Monitor ECG Apple Watch (Image Credit : Youtube: DetroitBORG)

Atrial Fibrillation (AFib) sendiri merupakan gangguan irama jantung yang paling umum terjadi di dunia, yang di mana detak jantung seseorang sedangtidak normal, tidak beraturan, terlalu cepat, dan terlalu lambat.

Fitur kesehatan pada Apple Watchini kembalimenyelamatkan nyawa manusiaberkat dukungan berbagai fitur didalamnya. Menurut laporan dari LaCrosse Tribune, seorang wanita berusia 70 tahun asal Minneapolis yang sedang berjalan-jalan tiba-tiba menerima peringatan dari Apple Watch-nya yang dimanamemperlihatkan detak jantungnya yang sedang tidak normal.

Pada layar Apple Watch-nya terlihat jika jantungnya berada di angka 174, yang kemungkinan ia sedang mengalami tanda AFib dan segera memanggil dokter.

Setibanya di rumah sakit setempat, ia menjalani serangkaian tes dan dokter mengatakan bahwa peringatan dari Apple Watch yang dikenakannya tersebut adalah benar dan sudah menolongnya.

Kejadian ini terjadi pada bulan Juni lalu, meskipun begitu sayangnya laporan tersebut tidak menjelaskan bagaimana yang terjadi selanjutnya. Namun, yang jelas kondisinya saat ini sudah terkendali karena dengan cepat dan tepat mendapatkan perawatan dari rumah sakit.

Monitor EKG awalnya diperkenalkan pada Apple Watch Series 4 di tahun 2018, dan sejak itu fitur ini dibenamkan ke model terbaruApple Watch, kecuali Apple Watch SE yang dikarenakan harganya dibanderol dengan murah sehingga tidak mendapatkan fitur tersebut.

TAG

AppleSmartwatch