Chip Exynos Buatan Samsung DIkabarkan Akan Gunakan Teknologi AI

Logo Samsung (Image Credit : Samsung)
Logo Samsung (Image Credit : Samsung)

BALUARTI.COM - Samsung telah mengkonfirmasi kabar yang mengatakan perusahaan akan menggunakan Artificial Intelligence (AI) pada chip terbaru nya. Selain itu, Samsung juga mengatakan akan menggunakan perangkat lunak baru dari Synopsys yang merupakan sebuah perusahaan perangkat lunak desain chip terkemuka.

Salah seorang juru bicara Samsung mengkonfirmasi hal tersebut kepada Wired, dan mengatakan bahwa perusahaan akan menggunakan perangkat lunak Synopsys AI untuk merancang chip Exynos terbarunya. Namun, hingga saat ini perusahaan belum mengkonfirmasi apakah chip yang dirancang AI tersebut telah masuk ke tahap produksi atau akan disematkan pada produk terbaru lainnya.           


Chipset Exynos Samsung (Image Credit : Google)

Jika benar-benar diluncurkan, Samsung akan menjadi satu-satunya perusahaan pertama yang merancang chip menggunakan kecerdasan buatan (AI). Namun disamping itu, perusahaan lain seperti NVIDIA dan Google juga telah memaparkan tentang perancangan chip yang menggunakan AI. Alat dari Synopsys yang disebut DSO.ai, memiliki jejak dan dampak yang lebih besar, mengingat perusahaan tersebut juga telah bekerja dengan banyak perusahaan besar lainnya.

Beberapa bulan kebelakang, peneliti Google menjelaskan mengenai penggunaan AI untuk mengatur komponen pada chip terbarunya yaitu Tensor yang digunakan untuk melatih dan menjalankan program AI di pusat datanya. Smartphone Google terbaru yang akan hadir, yaitu series Pixel 6 dikatakan akan menggunakan chip khusus yang juga diproduksi oleh Samsung.

Pendekatan kecerdasan buatan yang saat ini digunakan oleh Synopsys menggunakan teknik pembelajaran mesin (Machine Learning) yang disebut pembelajaran penguatan untuk mengerjakan desain sebuah chip. Hal ini melibatkan pelatihan algoritma untuk dapat melakukan tugas melalui hadiah atau hukuman.

Teknologi ini secara otomatis dapat menggambar dasar-dasar desain, termasuk juga penempatan komponen dan kemudian menghubungkannya bersama-sama. Hal ini berhasil dicapai dengan mencoba desain yang berbeda dalam tiap simulasi dan menentukan pembelajaran mana yang akan menghasilkan hasil terbaik.

TAG

SamsungSmartphone