Chipset TSMC 5nm dan 3nm Sudah Habis Dipesan Sebelum Produksi

Illustrasi Motherboard (Image Credit : pixabay/marijana1)
Illustrasi Motherboard (Image Credit : pixabay/marijana1)

BALUARTI.COM - Pabrik TSMC saat ini menjadi perusahaan paling berharga di Asia, bagai mana tidak, TMSC berhasil mengalahkan konglomerat teknologi Tencent. Menurut laporan dari ITHome, perakitan chip 3nm dan 5nm buatan TMSC sudah sepenuhnya dipesan dan berjalan dengan kapasitas penuh.

Dikarenakan saat ini masih krisis chip, TSMC mengambil Langkah untuk memberikan prioritas kepada pelanggannya yang paling menguntungkan, seperti Apple yang dilaporkan telah memesan 100 juta unit chipset A15 Bionic. Chip tersebut akan diproduksi menggunakan node N5P yang merupakan versi yang telah disempurnakan dari node 5nm pada Bionic A14.


Chipset (Image Credit : selular.id)

Perlu diketahui, semakin rendah node proses maka semakin tinggi jumlah transistor yang dapat digunakan di dalam sebuah chip. Dan semakin tinggi jumlah transistor, maka semakin kuat dan hemat energi sebuah chip tersebut.

TSMC dilaporkan sudah bekerja keras untuk memproduksi chip Bionic A16 3nm 2022 untuk lini Iphone 14 pada paruh kedua tahun 2022.

Untuk produsen yang tidak dapat memesan ke TSMC mungkin bisa beralih dan mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan Samsung Foundry.

Menurut para ahli, teknologi Samsung memang lebih rendah dari TSMC, namun perusahaan seperti Qualcomm menggunakan Samsung untuk memproduksi SoC Snapdragon 888, hal tersebut kemungkinan terjadi karena tidak sempat memesan ke TSMC.

Kemudian jika line perakitan kosong pada TSMC di akhir tahun 2022, maka kemungkinan besar Qualcomm-lah yang akan memesan kepada TMSC untuk memproduksi chipset Snapdragon 898 Plus dengan menggunakan node proses 4nm. 

TAG

AppleSamsungChipset