Facebook Dikabarkan Akan Ganti Nama Perusahaan Dalam Waktu Dekat

Facebook (Image Credit : pixabay/Simon)
Facebook (Image Credit : pixabay/Simon)

BALUARTI.COM - Raksasa jejaring sosial Facebook dikabarkan akan mengganti nama (rebrand) perusahaannya yang sudah dipakai sejak pertama didirikan pada tahun 2014 itu. Menurut sumber yang mengetahui persoalan tersebut, alasannya adalah untuk merefleksikan fokus baru Facebook untuk membangun "metaverse".

Sumber tersebut mengatakan bahwa CEO Facebook, Mark Zuckerberg berencana mengumumkan penggantian nama ini pada ajang konferensi tahunan Facebook Connect yang digelar pada tanggal 28 Oktober mendatang. PEnggantian nama Facebook ini bisa jadi dilakukan lewat restrukturisasi perusahaan Facebook, serupa dengan apa yang dilakukan Google pada tahun 2015 lalu.


Ilustrasi Logo Facebook (Image Credit : trtworld.com)

Jika benar hal tersebut terjadi, maka Facebook akan menjadi salah satu layanan di bawah sebuah perusahaan induk yang membawahi beberapa layanan lain yang selama ini tergabung dengan Facebook, seperti Instagram, WhatsApp, dan Oculus.

Mirip seperti Google berada di bawah Alphabet. Dengan melakukan rebrand ini, maka Zuckerberg jadi bisa memisahkan proyek-proyek masa depannya-seperti metaverse tadi dengan jejaring sosial Facebook yang belakangan ini banyak mendapat perhatian

Metaverse sendiri didefinisikan oleh Facebook sebagai "dunia online yang ditinggali oleh orang-orang, yang di mana mereka saling terhubung dan berkomunikasi di ruang virtual".

Mark Zuckerberg memiliki visi bahwa metaverse merupakan kelanjutan dari internet mobile yang menggabungkan antara virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).

"Bukan hanya melihat konten, Anda berada di dalamnya. Anda merasakan kehadiran orang-orang di berbagai tempat dan melakukan hal-hal yang tak bisa diwujudkan lewat aplikasi 2D atau situs web, seperti misalnya berdansa," ujar Zuckerberg.

Singkatnya, di dalam metaverse, pengguna menggunakan teknologi seperti headset VR Oculus untuk meeting, berjalan-jalan, bahkan belanja di ruang virtual. Dan Facebook tampaknya serius dengan ide metaverse ini, hal ini bisa terlihat dari komitmennya yang sebelumnya merekrut 10.000 karyawan di Eropa dalam kurun waktu 5 tahun untuk membangun visinya tersebut.

Lalu, apa nama baru yang akan digunakan Facebook nantinya? Calon nama brand masa depan jejaring sosial ini tampaknya masih menjadi rahasia dan belum diketahui orang-orang di luar Facebook. Bahkan, disebutkan juga bahwa sebagian pimpinannya juga ada yang tidak tahu.

Namun, ada kemungkinan nama baru ini berkaitan dengan Horizon, yaitu aplikasi Facebook versi VR yang telah dikembangkan selama beberapa tahun terakhir, namun sampai saat ini belum dirilis. 

TAG

Facebook