Facebook Hadirkan Smart Display Portal Go Dan Portal Plus

Facebook (Image Credit : pixabay/Simon)
Facebook (Image Credit : pixabay/Simon)

Belum lama ini, Facebook secara resmi telah meluncurkan Portal Go dan Portal Plus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat milenial yang berhubungan dengan internet. Melansir dari laman Facebook Portal, Portal Go dan Portal Plus merupakan sebuah perangkat smart display untuk kebutuhan online meeting.

Facebook Portal bukanlah perusahaan pertama yang menghadirkan smart display untuk kebutuhan video call penggunanya. Sebelumnya, Amazon Echo Show sudah menawarkan fitur yang kurang lebih mirip dengan smart display besutan Facebook ini. Tetapi, terdapat beberapa perbedaan antara keduanya



Facebook Portal Go (Image Credit : xda-developers.com)

Alih-alih menggunakan voice command “Hey Alexa”, Facebook Portal kini menggunakan digital assistant-nya sendiri yang dapat dipanggil melalui suara “Hey Portal.” Selain itu, Facebook Portal juga akan memberikan fitur dasar layaknya ponsel yang dapat digunakan untuk memeriksa cuaca harian, waktu, dan melakukan panggilan suara/video.

‘Portal’ yang merupakan asisten digital baru besutan Facebook ini menawarkan fungsi yang dibuat sedemikian rupa seperti ‘Alexa’. Facebook Portal juga telah memberikan akses kepada para penggunanya untuk mendapatkan kontrol penuh atas smart home devices yang dimiliki pengguna selama terhubung dengan akun Amazon pengguna.

Selain itu, smart display besutan Facebook ini juga mampu menampilkan foto favorit dari Facebook maupun Instagram penggunanya. Dan ini juga yang merupakan hal perbeda Portal dengan para kompetitornya. Dukungan aplikasi yang umum digunakan oleh pengguna seperti Zoom dan Spotify pun juga sudah kompatibel dengan perangkat Portal. Dukungan aplikasi seperti Microsoft Teams juga turut hadir dan dapat dijalankan melalui Portal.

Berbicara mengenai spesifikasi, Facebook Portal hadir dengan layar sebesar 10 inci beresolusi 1200×800, selain itu juga dibekali dengan kamera sebesar 12MP. Sedangkan untuk perangkat Portal Plus menawarkan layar seluas 14 inci dengan resolusi 2160×1440, dan kamera beresolusi 12MP.

UNtuk mendapatkan perangkat ini, Facebook Portal Go dijual seharga Rp 2,8 Juta, dan Portal Plus dibanderol seharga Rp 4,9 Juta.

TAG

FacebookMedia Sosial