Google Dikabarkan Akan Buat Smartphone Lipat Pertamanya, Pixel Fold?

Google Office (Image Credit : Reteurs)
Google Office (Image Credit : Reteurs)

BALUARTI.COM - Tren smartphone yang dapat dilipat (foldable) sepertinya sudah semakin dilirik oleh banyak vendor smartphone saat ini. Setelah Samsung berhasil memperkenalkan ponsel foldable terbarunya beberapa hari lalu, kini dikabarkan bahwa Google saat ini sedang masuk kedalam daftar produsen smartphone yang bakal menciptakan smartphone lipat. Ponsel lipat buatan Google ini akan dinamai Google Pixel Fold.


Google Pixel Fold (Image Credit : Google)

Google baru-baru ini telah merilis OS Android 12 Beta 4. Di dalam aplikasi Google Camera Android 12 Beta 4 tersebut pengembang menemukan empat perangkat, diantaranya perangkat dengan nama kode Oriole, Raven, Passport, dan Slider. Diantara keempat nama kode tersebut, Oriole dan Raven merupakan kode identitas dari Pixel 6 series yang akan dirilis pada musim pada gugur tahun ini.

Namun, ada laporan yang menyebutkan bahwa kode “Paspor” merupakan smartphone lipat Google yang akan dirilis di masa mendatang yaitu Google Pixel Fold.

Menurut bocoran, Google Pixel Fold dan Google Pixel 6 series akan sama-sama menggunakan chipset buatan Google yaitu Tensor. Lebih lanjut, dikatakan juga bahwa Google Pixel Fold juga akan menggunakan sistem kamera yang digunakan pada Google Pixel 6.

Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa Google Pixel Fold akan memiliki kinerja yang sangat baik untuk sektor kameranya. Dan kabar ini sebenarnya bukan merupakan suatu hal yang mengejutkan lagi bagi para pecinta smartphone buatan Google ini. Karena selama bertahun-tahun Google merupakan salah satu vendor terbaik dalam pengoptimalan kamera smartphone-nya.

Jika berbicara tentang tren smartphone lipat, Counterpoint Research mengatakan bahwa Samsung akan menempati 88 persen pangsa pasar smartphone lipat tahun ini. Untuk ukuran pasarnya diperkirakan akan meningkat 2 kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2020 lalu.

Lembaga riset melaporkan bahwa hingga saat ini Samsung masih menjadi “raja” mutlak untuk pasar ponsel lipat ini. Samsung masih belum memiliki lawan yang kuat di pasar smartphone lipat, dan terkait dengan hal tersebut, dengan adanya kabar Google akan menghadirkan ponsel lipatnya, akankah Google mampu membalap Samsung dengan smartphone foldable terbaik di masa mendatang? Kita lihat saja nanti.

TAG

SmartphoneGoogle