Google Hadirkan Fitur Saling Telepon Melalui Gmail

Akun Google (Image Credit : Baluarti.com)
Akun Google (Image Credit : Baluarti.com)

BALUARTI.COM - Google akhirnya merilis layanan yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan panggilan ke telepon langsung dari melalui akun email. Dengan adanya layanan ini, Google secara tidak langsung mengatakan siap bersaing dengan Skype yang memberikan layanan serupa, selain itu  juga dengan operator tradisional seperti AT&T Inc dan Verizon Communications.

Melalui akun Gmail, pengguna akan bisa langsung melakukan panggilan telepon ke rumah dan ponsel secara gratis dengan periode hingga akhir tahun ini untuk negara AS dan Kanada, juga ongkos yang super rendah untuk telepon ke negara lain.

Jika pengguna ingin menelepon seseorang di Inggris, Jerman, China, Perancis, dan Jepang, biaya layanan ini hanya sebesar 2 sen dollar AS per menit.

Hal itu bisa terjadi karena operator tradisional sudah mulai berkompetisi dengan memangkas biaya telepon beberapa tahun terakhir ini.

"Ini adalah ancaman bagi Skype. Gmail adalah kompetitor dengan merek dagang yang (sangat) bagus," kata Todd Rethemeier.

Layaknya Skype, di AS sendiri Google akan menjadi lebih mudah populer untuk menelepon ke luar negeri dibandingkan menelepon domestik.

Sementara itu, analis lain Steve Clement dari Pacific Crest mengatakan user yang menggunakan jasa telepon melalui internet kemungkinan akan memutus koneksi telepon rumah mereka.

"Tipe pengguna yang suka menggunakan layanan seperti Skype maupun Gmail ini biasanya bukanlah tipe pengguna atau konsumen yang masih terkoneksi dengan telepon rumah atau landline," kata Clement.

Layanan yang diberikan oleh Google ini bisa dibilang simpel dan seperti menggunakan telepon rumah biasa.

Dengan adanya layanan ini, saham Google telah ditutup dengan membukukan peningkatan sebesar 3,23 dollar AS atau sekitar 0,72 persen menjadi 454,62 dollar AS.

TAG

GoogleGmail