Google Kembangkan Tensor Generasi Terbaru?

Google Office (Image Credit : Reteurs)
Google Office (Image Credit : Reteurs)

BALUARTI.COM - Tensor secara resmi telah menjadi otak baru untuk ponsel Pixel 6. Namun, seperti biasanya, Google selalu gagal untuk menjaga rahasia terkait produknya yang akan datang, dan belum lama ini telah beredar kabar terkait kehadiran Tensor 2 yang diabarkan sedang dalam pengerjaan.

Pihak 9TO5Google  telah menemukan sebuah kode dengan nama “Cloudripper” yang disinyalir akan menjadi nama kode untuk Pixel 7 atau Pixel 7 Pro yang dirilis tahun depan, pihak 9TO5Google juga mempercayai bahwa Cloudripper merupakan nama untuk produk terbaru untuk perangkat ponsel cerdas selanjutnya.

Karena, nama kode serupa muncul di awal tahun ini dengan nama “Slider” yang ternyata untuk Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Bersasarkan dokumen yang ditemukan pihak 9to5Google, Cloudripper terhubung ke versi generasi kedua dari chip Google Tensor dengan nomor model “GS201.”

Melihat seri “GS101” yang ditemukan pada Pixel 6, chip ini nampaknya merupakan generasi yang lebih baru, dan menunjukkan bahwa setiap tahun dapat melihat nomor model meningkat 100.

Meskipun masih berupa nama kode dan nomor model,  namun masih ada sedikit info yang akan menambah clue dari teka-teki yang lebih besar di Pixel 7 nantinya. Karena, wartawan teknologi Mishaal Rahman merupakan orang pertama yang menemukan penyebutan GS201. Menurutnya, kemungkinan besar ini merupakan referensi ke chipset Google Tensor berikutnya.

Kode ini juga dapat mengandalkan fakta bahwa Google tidak akan beralih ke Snapdragon dalam waktu dekat karena Google sebelumnya telah membuat Qualcomm geram yang di posting di Twitter beberapa waktu lalu karena tidak menggunakan produk chipsetnya.

Dengan Tensor, Google akhirnya akan bergabung dengan Apple sebagai salah satu dari perusahaan smartphone yang membuat semua Aspek perangkat keras secara mandiri. Google Tensor juga telah dioptimalkan untuk skenario kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin yang memungkinkan Google untuk mengoptimalkan pengalamannya.

Kehadiran dua teknologi baru tersebut membuat Tensor memiliki kemampuan seperti Motion Mode, Face Unblur, Speech enhancement mode, dan HDRnet ke video hingga 4K60.

System-on-chip (SoC) Tensor ini memiliki pengenalan suara otomatis yang diklaim merupakan yang paling akurat yang dikembangkanoleh Google. Teknologi ini bisa dipakai pada banyak aplikasi seperti Recorder dan Live Caption tanpa menguras banyak konsumsi daya baterai.

Mengontrol semua aspek perangkat keras telah memungkinkan Google untuk memprioritaskan Pixel menjadi berbeda  dari perangkat Android lainnya, dengan kontrol itulah yang memungkinkan smartphone Pixel 6 dan 6 Pro bersinar.

TAG

SmartphoneAndroidGoogle