Google Patenkan Kamera Unik Yang Bisa Timbul-Tenggelam Untuk Smartphone

Google Office (Image Credit : Reteurs)
Google Office (Image Credit : Reteurs)

BALUARTI.COM - Google mematenkan sebuah desain smartphone dengan kamera selfie bawah layar yang bisa 'timbul dan tenggelam' untuk seri Google Pixel terbarunya di masa depan. Paten itu diajukan Google LCC. ke Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) pada pertengahan September 2020 lalu dan dirilis pada 6 Mei 2021.

Dokumentasi paten tersebut berisi 23 halaman dengan judul "Full-screen Display with Sub-display Camera”. Disitu juga menjelaskan tentang smartphone Google Pixel menggunakan kamera depan yang tertanam di bawah panel layar OLED.

Untuk menempatkan kamera pada bawah layar, Google telah mengintegrasikan panel tambahan ke layar yang memiliki kerapatan piksel yang sama. Pihak Google mengklaim bahwa mereka mengintegrasikan layar tersebut dengan cara yang berbeda dengan teknik kamera bawah layar yang patennya sudah diajukan oleh Samsung pada awal tahun ini.  

Semua sensor kamera dan lensa ditempatkan di bawah layar. Lalu, layar kedua tersebut ditempatkan tepat di seberang kamera, tepatnya terletak di bawah layar utama. Prisma atau semacam cermin akan ditempatkan di antara kamera dan layar tambahan.

Teknologi ini membuat saat kamera depan sedang tidak digunakan, konten yang ditampilkan pada layar kedua tercermin melalui prisma di tampilan layar utama. Namun setelah kamera diaktifkan, prisma tersebut akan berputar sehingga cahaya yang masuk dapat mencapai kamera, hal ini memungkinkan pengguna mendapatkan hasil gambar yang baik dengan kamera bawah layar.

Modul optik kameranya pun dilindungi oleh jendela berukuran 2 hingga 3 milimeter. Layar tambahan kecil ini juga berisi tiga sensor. Sensor tersebut diantaranya sensor ambien, sensor jarak dan atau sensor IR, dan pendeteksi wajah 3D.

Pada smartphone Google Pixel 5, Face Unlock telah dihilangkan untuk memberi jalan untuk sensor sidik jari. Namun, dengan adanya kamera bawah layar ini, hal ini mengindikasikan bahwa Face Unlock mungkin akan kembali pada Google Pixel model mendatang.

Masih belum jelas kapan smartphone Google pertama dengan kamera bawah layar yang unik ini akan diumumkan. Namun penggemar berharap Google Pixel 6 Pro lah yang akan memiliki kamera selfie jenis baru tersebut.

Meskipun begitu, baru-baru ini, isu bocoran gambar untuk Google Pixel versi 6 tersebar di internet, gambar tersebut menunjukkan sistem kamera depan menggunakan punch-hole. Jika hal ini benar terjadi, berarti penggemar ponsel Google Pixel harus bersabar hingga 2022 atau ketika seri Google Pixel 7 hadir.

Berita lain juga dating dari seorang analis bernama Ross Young pada desember tahun lalu, ia mengatakan melalui akun Twitter nya bahwa Google akan menghadirkan smartphone lipat pertamanya pada paruh kedua 2021.

Meskipun tidak dijelaskan secara mendetail, tetapi ada kemungkinan Google telah melihat peluang untuk melengkapi ponsel lipatnya dengan teknologi kamera baru ini.

TAG

SmartphoneGoogle