Hoax: Internet Di Indonesia Akan Mati Total Tanggal 24-30 September 2021

Ilustrasi Internet (Image Credit : itworks)
Ilustrasi Internet (Image Credit : itworks)

BALUARTI.COM - Beberapa hari yang lalu, beredar kabar di mediia sosial yang membahas terkait perbaikan kabel internet pada tanggal 24–30 September 2021 yang berdampak pada jaringan internet di Indonesia akan mati total. Kabar tesebut menyebut jika amasyarakat Indonesia tidakan k bisa mendapatkan layanan internet selama enam hari.

"Tanggal 24–30 september2021  jaringan internet akan mati total di seluruh Indonesia, dikarenakan adanya perbaikkan kabel internet di bawah laut."

Vice President Corporate Communication PT Telkom Indonesia Tbk, Pujo Pramono mengatakan bahwa kabar di media social yang menyebut internet di Indonesia akan mati total pada tanggal 24–30 September 2021 karena perbaikan jaringan bawah laut adalah tidak benar atau HOAX.

Selain meluruskan terkait kabar yang beredar tersebut, ia juga meminta kepada masyarakat untuk tidak mempercayai dan menyebarkan informasi palsu terkait internet yang akan mati total selama enam hari tersebut.

Pada tanggal 19 September 2021 lalu, diketahui memang Telkom sedang mengalami masalah pada sistem komunikasi kabel bawah laut yang melalui area Sumatera, Pulau Jawa, Kalimantan dan ruas Batam-Pontianak yang mengakibatkan gangguan. Selain di daerah tersebut, gangguan juga terjadi wilayah Pulau Natuna, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Gangguan layanan fixed broadband dan mobile broadband Telkom terjadi di sistem komunikasi kabel laut daerah Jawa, Sumatera, dan Kalimantan (Jasuka), serta ruas Batam-Pontianak. Titik gangguan tersebut berasal dari sekitar 1,5 km lepas pantai Batam dan berada di kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.

Karena kejadian tersebut, Pujo menjelaskan bahwa Telkom akan terus mengupayakan percepatan perbaikan untuk meningkatkan kualitas layanan akses Internet, baik untuk layanan melalui kabel maupun layanan nirkabel.

TAG

InternetHoax