Ini Syarat Agar Pengguna Bisa Menikmati 5G Telkomsel

Telkom Indonesia (Image Credit : https://www.telkom.co.id/)
Telkom Indonesia (Image Credit : https://www.telkom.co.id/)

BALUARTI.COM - Telkomsel telah resmi menggelar jaringan 5G secara komersil di Indonesia. Namun, tidak semua pelanggan Telkomsel bisa langsung menikmati layanan tersebut. Sebab ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk dapat menggunakannya. Syarat-syarat tersebut mencakup tipe kartu SIM, lokasi, dan dukungan perangkat. Berikut adalah syarat untuk bisa menikmati layanan internet 5G Telkomsel di Indonesia.

1. Sudah Menggunakan USIM

Hal pertama yang wajib ada yaitu memastikan bahwa kartu SIM sudah menggunakan tipe Universal Subscriber Indentity Mobile (USIM). USIM sendiri merupakan tipe kartu yang digunakan untuk jaringan 4G LTE. Sebab, jaringan 4G LTE tidak bisa dijangkau jika pengguna masih menggunakan jenis kartu SIM lama. Dengan kata lain, apabila saat ini telah menggunakan jaringan 4G LTE, bisa dipastikan sudah menggunakan USIM.

"Untuk migrasi ke jaringan 5G tidak perlu mengganti kartu, asal sudah 4G," kata Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro.a

Untuk mengecek apakah kartu sudah USIM atau belum, pengguna bisa mengecek lewat dial *888*47#, lalu pilih menu "cek kartu". Jika kartu sudah menggunakan USIM, maka akan muncul keterangan "Kartu Anda sudah 4G" pada layar.

Namun jika belum, pengguna bisa menukarkan kartu ke GraPARI terdekat atau melalui situs web https://www.telkomsel.com/tukarkartu4g

2. Smartphone Band 40

Tidak semua smartphone 5G yang tersedia di Indonesia saat ini bisa terhubung dengan internet 5G Telkomsel. Saat ini, hanya smrtphone yang telah mendukung 5G pita (band) 40 saja yang kompatibel dengan internet 5G Telkomsel.

Sebab, band 40 berada pada spektrum 2,3 GHz yang digunakan Telkomsel untuk menggelar 5G. Berikut ini, ada  beberapa smartphone resmi di Indonesia yang saat ini bisa digunakan untuk menikmati layanan 5G Telkomsel:

  • Oppo Reno 5
  • Huawei Mate 40
  • Vivo X60
  • Vivo X60 Pro

 

Telkomsel juga telah menghadirkan perangkat Modem Orbit (Huawei 5G CPE Pro 2) yang bisa dihubungkan dengan internet 5G Telkomsel. Telkomsel mengatakan mereka sedang menjalankan kerja sama dengan vendor smartphone lain seperti Apple, Samsung, Vivo, Oppo, Huawei, dan Xiaomi untuk memperbanyak daftar smartphone yang bisa menggunakan jaringan 5G Telkomsel.

3. Profil 5G

Saat ini, profil 5G Telkomsel berlaku untuk pelanggan terpilih dan sudah diaktifkan secara otomatis oleh Telkomsel. Sehingga, pelanggan tidak perlu melakukan aktivasi profil 5G mereka lagi.

4. Wilayah Sudah Terjangkau 5G

Layanan 5G Telkomsel baru tersedia pada wilayah tertentu saja. Saat ini, ada beberapa wilayah resedensial dan titik area publik yang sudah terjangkau jaringan 5G Telkomsel, berikut daftarnya:

Alam Sutera, Banten Pondok Indah Kapuk, Banten Bumi Serpong Damai, DKI Jakarta Kelapa gading, DKI Jakarta Pondok Indah, DKI Jakarta Widya Candra, DKI Jakarta

Sementara untuk hotspot, sudah tersebar di area:

Sumatera Utara GraPARI Batam Centre, GraPARI GTG Medan, Kepri GraPARI Terminal 3 Soekarno Hatta, DKI Jakarta GraPARI Solo, Jawa Tengah GraPARI Pemuda Surabaya, Jawa Timur GraPARI Renon Denpasar, Bali GraPARI Balikpapan, Kalimantan Timur GraPARI Pettarani Makassar, Sulawesi Selatan Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat Telkom University, Jawa Barat Telkomsel Smart Office, DKI Jakarta 5.

Untuk pelanggan yang sudah bisa menggunakan layanan 5G namun tidak ingin menggunakan layanan tersebut, pengguna bisa mengajukan deaktivasi profil 5G melalui Call Center 188.

TAG

Teknologi 5GTelkom Indonesia