Iphone 13 Dikabarkan Bisa Terhubung Langsung Dengan Satelit

Bocoran desain iPhone 13 (Image Credit : EverythingApplePro)
Bocoran desain iPhone 13 (Image Credit : EverythingApplePro)

BALUARTI.COM - Iphone 13 yang akan diluncurkan dalam waktu dekat dirumorkan akan memiliki kemampuan untuk bisa terhubung dengan satelit. Kabar ini diungkap oleh seorang analis Apple, Ming Chi Kuo terkait dengan prediksi spesifikasi pada Iphone terbaru tersebut.

Banyak isu dan asumsi orang-orang yang mengatakan spesifikasi pada Iphone 13 yang direncanakan hadir pada bulan September itu akan memiliki kemampuan untuk melakukan panggilan satelit.


Bocoran Desain Iphone 13 (Image Credit : Review1st)

Dalam sebuah catatan kepada investor, Kuo mengklaim Iphone 13 akan dapat terhubung langsung dengan satelit orbit bumi rendah (LEO) berkat penggunaan chipset baseband Qualcomm X60.

Jika rumor tersebut benar, maka fitur terbaru tersebut akan membuat Iphone jauh menjadi lebih menarik lagi bagi para konsumen yang tinggal di daerah yang kurang terlayani dengan baik oleh layanan operator seluler, dan smartphone tersebut juga menarik orang-orang yang sering berjelajah ke daerah pedalaman.

Satelit LEO merupakan tulang punggung layanan internet perusahaan Starlink milik Elon Musk, yang mengoperasikan konstelasi satelit orbit rendah untuk dapat mengirimkan internet kepada pelanggannya.

Dikutip The Verge, layanan tersebut disebut dapat menghindari beberapa perangkap internet satelit, termasuk latensi tinggi dan pemadaman umum.

Kendati demikian, Starlink bukanlah satu-satunya perusahaan yang menggunakan satelit LEO untuk konektivitas layanan internet. Terdapat perusahaan lain seperti Hughesnet dan OneWeb yang telah merger untuk dapat meluncurkan produk pesaing Starlink, dan Immarsat yang mengumumkan konstelasi baru yang dimaksudkan untuk dapat menyatu dengan jaringan 5G terestrial untuk solusi yang lebih global.

Selain itu, X60 juga kemungkinan akan mendukung konektivitas lain dari 5G yang saat ini terdiri dari seluruh campuran teknologi, termasuk juga gelombang milimeter yang sangat cepat tetapi terbatas.

LEO 5G disebut dapat memberikan dukungan internetdi pada tempat-tempat yang belum memiliki menara BTS yang memancarkan konektivitas 5G, tentunya ini sangat berguna di banyak daerah pedesaan yang sering kesulitan mendapatkan akses internet.

TAG

iPhone 13