Jadi Tuan Rumah KTT G20, Indonesia Siap Bawa Teknologi 5G

Teknologi 5g (Image Credit : ADMC dari Pixabay)
Teknologi 5g (Image Credit : ADMC dari Pixabay)

Jadi Tuan Rumah KTT G20, Indonesia Siap Bawa Teknologi 5G

BALUARTI.COM - Indonesia akan segera memamerkan kecanggihan teknologi 5G saat pertemuan para petinggi dunia di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada tanggal 1 Desember 2021 hingga 1 Desember 2022.

Sebelumnya, diketahui bahwa jaringan 5G sudah hadir di Indonesia pada bulan Mei 2021, yang dimana Telkomsel menjadi pelopor jaringan tersebut. Selain itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) turut merestui Indosat Ooredoo dan XL Axiata untuk komersialisasi layanan 5G tersebut ke masyarakat.

"Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT G20. Kami diminta Menko Perekonomian untuk menyiapkan tidak hanya showcase tapi use case teknologi 5G," ujar Direktur Penataan Sumber Daya Kementerian Kominfo, Denny Setiawan.

"Kami (Kominfo) sudah berdiskusi dengan teman-teman dari (Kementerian) Perindustrian untuk melakukannya di awal Desember. Tentuntya, ini tidak hanya di satu lokasi, tapi di beberapa lokasi," lanjutnya.

Kominfo, seperti dikatakan Denny menantang kepada para operator seluler dan perusahaan teknologi untuk membawa layanan 5G pada saat KTT G20 berlangsung pada bulan Desember mendatang.

"Di lokasi-lokasi G20, kita bisa memberikan layanan QoS (Quality of Service) yang terbaik," pungkasnya.

Indonesia telah ditetapkan sebagai Presidensi G20 Tahun 2022 pada tanggal 22 November tahun lalu. Serah terima dari Presidensi G20 sebelumnya yakni Italia ke Indonesia akan dilakukan pada KTT G-20 yang akan dilaksanakan di Roma, Italia.

Presidensi G20 Indonesia meliputi persiapan dan penyelenggaraan rangkaian pertemuan Presidensi G20 Indonesia pada tahun 2021 dan tahun 2022, yang terdiri atas pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT), pertemuan tingkat Menteri, dan Gubernur Bank Sentral.

Kemudian, juga ada pertemuan tingkat Sherpa, pertemuan tingkat Deputi, pertemuan tingkat Working Group, pertemuan tingkat Engagement Group, program Side Events

TAG

Teknologi 5G