Keren! Oppo Kembangkan Aplikasi CybeReal AI

Logo Oppo (Image Credit : Shutterstock)
Logo Oppo (Image Credit : Shutterstock)

BALUARTI.COM - OPPO baru-baru ini tengah memperkenalkan aplikasi Augmented Reality (AR) terbaru CybeReal yang didukung oleh teknologi spasial real-time. Dengan mengadopsi AI Engine internal, OPPO telah berhasil meningkatkan Augmented Reality ke level berikutnya.

Teknologi CybeReal terbaru dari OPPO ini dikabarkan akan mengikuti kompetisi di International Conference on Computer Vision (ICCV) pada Oktober 2021. Dalam rencana jangka panjang, OPPO berencana akan melakukan pengembangan lebih dalam ke dunia perangkat lunak, perangkat keras, dan layanan terkait AR yang sebagian besar masih belum tersentuh, serta membuat teknologi ini lebih cepat untuk dapat diakses oleh semua industri.

Teknologi aplikasi AR dengan komputasi spasial penuh pertama kali diperkenalkan dalam acara INNO DAY 2020, OPPO untuk pertama kalinya meluncurkan OPPO CybeReal yang telah terintegrasi pemodelan digital dengan tingkat presisi tinggi, AI, rendering grafis, komputasi awan, teknologi 5G, dan teknologi mutakhir lainnya. Hal tersebut menandakan bahwa tonggak sejarah dalam eksplorasi masa depan yang terdiri dari realitas campuran akan terwujud.

Sebagai aplikasi AR level platform, CybeReal tentunya dapat meniru adegan dan objek dari dunia fisik menjadi digital. Objek yang dianalisis akan ditampilkan melalui data yang dihasilkan oleh beberapa sensor yang tertanam dalam perangkat, kemudian disajikan kepada pengguna sebagai perpaduan antara dunia asli dengan digital dalam bentuk augmented reality.

Dengan algoritma pemosisian visual RLOCS (Retrieval and Localization with Observation Constraints) milik OPPO ini, tentu akan meningkatkan pemosisian di dalam ruangan hingga tingkat akurasi tinggi sampai sedetail sentimeter.

Algoritma tersebut diketahui dikembangkan oleh tim teknologi dari Department of Intelligent Perception and Interaction yang telah diterima secara luas di dunia akademis. Pada tahun 2020 lalu, tim ini memenangkan dua penghargaan yaitu pada Long-term Localization di ajang European Conference on Computer Vision (ECCV) dan Computer Vision and Pattern Recognition Conference (CVPR 2020).

Untuk memberikan pengalaman AR yang imersif, OPPO menggunakan estimasi pose 6DoF yang dapat memberikan pengguna pandangan dari berbagai sudut.

Untuk dapat menciptakan dunia digital membutuhkan perangkat profesional dan pengetahuan khusus dalam bidang tersebut. Namun, teknologi CybeReal milik OPPO membuat proses ini jauh lebih mudah.

Untuk pertama kalinya, salah satu staf OPPO di flagship store yang tanpa melakukan pelatihan terlebih dahulu dapat menyelesaikan pemindaian awal dan pengumpulan data interior toko melalui smartphone untuk membentuk replika digital menggunakan teknologi ini.

Saat ini, di OPPO Flagship Store Guangzhou Zhengjia Plaza dan Beijing Wukesong, pengunjung dapat melihat bahkan menggunakan aplikasi AR.

TAG

OppoAugmented Reality (AR)