Lenovo Legion 3 Pro Menjadi Smartphone Pertama Yang Gunakan Snapdragon 898?

Lenovo Legion 3 Pro (Image Credit : Lenovo)
Lenovo Legion 3 Pro (Image Credit : Lenovo)

BALUARTI.COM - Meskipun saat ini masih terjadi krisis pada industri semikonduktor yang mempengaruhi komponen smartphone dan juga chipset, namun tampaknya Qualcomm akan terus bergerak maju dan membawa platform SoC terbaru yakni Qualcomm Snapdragon 898 untuk rangkaian smartphone flagships 2022.

Selain itu, tersebar kabar bahwa smartphone flagship yang pertama kali akan menggunakan platform ini kemungkinan akan meluncur sebelum akhir tahun 2021. Terkait hal ini, Lenovo dikabarkan sedang mempersiapkan smartphone gaming-nya yang akan gunakan chipset Snapdragon 898, yakni untuk seri Lenovo Legion 3 Pro.


Smartphone Lenovo Legion (Image Credit : selular.id)

Lenovo Legion 3 Pro kemungkinan akan hadir dengan sejumlah teknologi mutakhir lainnya seperti akan menggunakan RAM LPDDR5X terbaru. Perangkat tersebut juga kemungkinan akan menjadi salah satu smartphone gaming pertama yang menggunakan CPU Snapdragon 898.

Manajer Umum Departemen Bisnis Ponsel Lenovo China, Chen Jin mengungkap bahwa prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon 898 generasi berikutnya sedang dalam tahap persiapan penuh. Ia juga mengatakan bahwa GPU chip akan ditingkatkan lagi secara signifikan. Jadi, kemungkinan besar nantinya chipset yang dibawa ini bakal membawa kinerja grafis signifikan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Menurut Qualcomm, chip Snapdragon 898 diperkirakan akan debut perdana pada Kuartal 4 tahun ini. Chen Jin juga sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya akan meluncurkan ponsel yang ditenagai oleh chip ini, dan direncanakan hadir pada akhir tahun 2021.

Jika berbicara soal chipset andalan Qualcomm, Snapdragon 898 menurut bocoran yang beredar sebelumnya menunjukan bahwa CPU tersebut akan menggunakan arsitektur tiga cluster, yakni Inti super besar yang akan didasarkan pada Cortex-X2, inti besar Cortex-A710, dan inti kecil Cortex-A510.

Di bawah versi publik ARM, Cortex-X2 dinilai memiliki peningkatan kinerja sekitar 16% jika dibandingkan dengan X1. 

TAG

QualcommLenovoLenovo LegionChipset