Mahasiswa ITB Raih Runner-Up Kedua Di Final Regional 33M Inspire Challange

The 3M Inspire Challange (Image Credit : https://backendnews.net/)
The 3M Inspire Challange (Image Credit : https://backendnews.net/)

BALUARTI.COM - Dengan membawa inovasi berupa masker bedah yang berkelanjutan, Tim Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) meraih posisi runner-up kedua pada Final Tingkat Regional di 3M Inspire Challenge.

Pemenang pertama yang dinobatkan sebagai Regional Champion dalam 3M Inspire Challenge ini adalah dua mahasiswa yang berasal dari The National University of Malaysia.

Dalam siaran persnya, tim dari Malaysia tersebut berhasil mengalahkan lima negara lainnya yaitu diantaranya Indonesia, Thailand, Singapura, Filipina, dan Vietnam.


Tim Kancil ITB (Image Credit : strategi.id)

Mohd Fahad Saleem, yang merupakan perwakilan dari tim Too Good Duo asal Malaysia tersebut mengungkapkan bahwa inovasi yang mereka bawa adalah Smart Bandage.

Mereka mengalahkan 121 tim lainnya dengan membawa solusi berupa memodifikasi Nexcare Waterproof Bandages menggunakan komposit nano hijau untuk dapat meningkatkan dan memantau penyembuhan pada luka.

Saleem mengatakan, perban berperekat (adhesive bandages) merupakan barang umum yang dapat dengan mudah ditemukan di rumah, karena adanya peningkatan kesadaran dalam penanganan luka selama beberapa dekade terakhir.

"Kami menghadirkan ide berupa Smart Bandage untuk melengkapi pengguna dengan produk yang dapat memantau berbagai tahap proses penyembuhan luka dengan lebih baik," ujar Saleem.

Ia menambahkan, inovasi yang ia bawa tersebut bisa memberikan kondisi optimal bagi kulit dan jaringan kulit untuk sembuh, sehingga pengguna dapat melanjutkan kehidupan maupun aktivitas sehari-hari tanpa mengkhawatirkan lukanya.

Dengan solusi yang mereka hadirkan untuk bidang yang berkelanjutan, Saleem dan Nur Liyana Syasya Mohd Zamuri berhasil meraih hadiah uang tunai sebesar US$ 3 ribu (sekitar Rp 42.850.800) dan berkesempatan untuk magang di kantor 3M Malaysia.

“Sungguh sangat menginspirasi dan bermanfaat melihat perkembangan tim dalam tantangan selamat empat bulan penuh ini," tutur Kevin McGulgan, Vice President and Managing Director 3M South East Asia Region dan Country Leader Singapore.

"Inovasi adalah proses terus menerus dalam menyempurnakan ide-ide, tetapi tidak pernah sekalipun semangat dan antusiasme mereka berkurang," lanjutnya.

3M Inspire Challenge merupakan tantangan case challenge regional yang diselenggarakan oleh perusahaan sains global 3M . Tantangan ini diselenggarakan untuk mencari solusi untuk membantu meningkatkan bisnisnya melalui bidang Teknologi, Keberlanjutan, dan Inovasi.

Runner-up pertama diraih oleh Tim Charmmm asal Vietnam dengan proposal mereka yaitu 3M 360° Virtual Store yang memperlihatkan ilmu dari produk-produk 3M  untuk menjalankan kampanye yang melibatkan pelanggan.

Tim Charmmm yang berasal dari RMIT University Vietnam terdiri dari Phan Le Minh An, Rahul Sharma, Tran Kim Huong, dan Vuong Anh Chien.

Sementara untuk runner-up kedua diraih oleh Tim Kancil asal Indonesia, dengan membawa ide pilihan masker bedah berkelanjutan dengan bioplastik sebagai bahan baku utamanya.

Tim Kancil dari ITB ini beranggotakan yang terdiri dari Muhammad Rahmadito, Ramadhana Bhanuharya Krishnamurti, Gabriele Maruli Tondi, dan Safira Dastalenta.

TAG

ITB3M Inspire Challange