Merek Smartwatch Terpopuler Saat Ini, Apple Mendominasi

Smartwatch (Image Credit : Apple)
Smartwatch (Image Credit : Apple)

BALUARTI.COM - Hingga kini, Apple masih mendominasi pasar smartwatch global pada kuartal I tahun 2021. Hal ini diketahui berdasarkan laporan firma riset Counterpoint baru-baru ini.

Dalam laporannya, Counterpoint mengungkapkan bahwa Apple berhasil mencetak pertumbuhan pegiriman jam pintar hingga 50 persen dari tahun-ke-tahun. Berkat permintaan pelanggan pada model Apple Watch terbaru yaitu Series 6, Apple berhasil meningkatkan pangsa pasar sebesar tiga persen.


Persentase Pasar Global Smartwatch Q1-2021 (Image Credit : countrpointresearch.com)

Hal ini tentunya membuat Apple menguasai sepertiga atau 33,5 persen pangsa pasar smartwatch global saat ini. Setelah Apple, Huawei menempati posisi kedua sebagai penguasa pangsa pasar smartwatch global. Huawei saat ini berhasil berhasil merebut 8,4 persen pangsa pasar pada kuartal I tahun 2021.

Angka tersebut menurun dari tahun sebelumnya, mengingat tahun 2020 lalu Huawei berhasil menguasai 10,1 persen pangsa pasar smartwatch global.

Sedangkan Samsung berada pada posisi ketiga. Pada periode ini, Samsung hanya berhasil mengambil 8 persen pangsa pasar global. Padahal sebelumnya Samsung berhasil memperoleh hingga 8,5 persen.

Selanjutnya, penguasa pangsa pasar smartwatch di posisi keempat dan kelima adalah Imoo dan Fitbit dengan Imoo 5,1 persen dan Fitbit 4,2 persen.

Mengingat dominasi Apple, sistem operasi WatchOS yang digunakan pada jajaran Apple Watch mempengaruhi bebrapa merek besar smartwatch global untuk mengembangkan sistem operasinya sendiri-sendiri. Sebut saja Samsung dengan Tizen, Google dengan WearOS, Fitbit dengan FitbitOS, dan sebagainya.

Counterpoint juga melaporkan WearOS yang digunakan oleh Google belum menunjukkan kesuksesan yang berarti, karena baru digunakan sebanyak empat persen di pasar smartwatch. Salah satu penyebabnya adalah karena WearOS ini dinilai kurang bersaing dari segi fitur, chipset, pengoptimalan, dan baterai.

Namun, kedepannya penggunaan sistem operasi pada smartwatch ini akan mulai berubah, Mengingat acara tahunan Google I/O 2021, Google telah mengumumkan kerja samanya dengan Samsung untuk menciptakan sistem operasi pada perangkat wearable.

Kedua perusahaan tersebut berencana akan menggabungkan dua OS wearable device miliknya, yakni Wear OS Google dan Tizen Samsung menjadi satu platform yang ditujukan untuk perangkat wearable seperti smartwatch.

Diketahui, platform gabungan ini disebut sebagai "Wear". Namun ada kemungkinan julukan tersebut belum final dan masih bisa berubah sewaktu-waktu. Wear diklaim mampu mempersingkat waktu aplikasi hingga 30 persen lebih cepat.

Wear rencananya akan dirilis pada tahun ini, kemungkinan akan hadir lewat produk-produk smartwatch Galaxy yang akan datang dari Samsung.

Sistem operasi ini pun dikabarkan nantinya bisa digunakan oleh vendor wearable lainnya, dan tak hanya untuk produk keluaran dari Google dan Samsung saja. Diketahui, salah satu merek yang juga akan menggunakan “Wear” adalah Fitbit.

VP Counterpoint Research, Neil Shah mengatakan bahwa kerja sama antara Google dan Samsung ini merupakan hal yang mampu mendorong peningkatan pengalaman pada smartwatch.

“Ini merupakan langkah besar Google untuk mempercepat ambisinya untuk pasar wearable. Kerja sama ini juga akan menghadirkan lebih banyak kekuatan platform Wear dan juga akan menarik lebih banyak pengembang untuk membangun fitur yang lebih baru untuk smartwatch,”kata Neil Shah.

TAG

AppleSmartphone